Pelabuhan Batam Segera Terapkan Aturan Jam Terakhir Berangkat
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 05-01-2016 | 17:30 WIB
Pelabuhan-Batam-Center.jpg
Pelabuhan fery internasional Batam Center. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tidak hanya pelabuhan antar Kota dan Provinsi yang akan diatur jam operasi keberangkatan kapal penumpang paling lambat pukul 17.00 Wib. Namun hal itu juga akan diterapkan untuk fery di pelabuhan internasional.

Seperti Pelabuhan Ferry Batam Center dan Pelabuhan Internasonal Sekupang, juga akan diterapkan dalam waktu dekat ini. Demikian, ungkap Kepala Kantor Pelabuhan Kelas 1 Batam, Gajah Rooseno.

"Dalam waktu dekat ini pelabuhan internasional juga akan di terapkan jam operasi. Guna kenyamanan penumpang dan keselamatan. Itu khusus untuk keberangkatan, kalau kedatangan belum diatur," ujar Gajah Roseno saat dihubungi Rabu (05/01/2016).

Saat ini peraturan yang diterapkan melalui Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut itu baru diterapkan di Pelabuhan Punggur, Domestik Sekupang, dan Habourbay.

"Kita sudah menerapkan satu bulan yang lalu. Hal ini mengingat lalu lintas dan kondisi cuaca yang tidak baik untuk berlayar di sore hari," tambah Kepala Pos Syahbandar Domestik Sekupang, Komaruddin.

Untuk meningkatkan keselamatan pelayaran di Kepri, pihaknya meminta kepada nakhoda dan agen  kapal agar melakukan perubahan pemberangkatan kapal penumpang. "Kita juga harus memperhatikan keselamatan penumpang saat berlayar," pungkasnya.

Editor: Dardani