Pertumbuhan Minimarket Berjejaring Bisa Matikan UKM di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 05-01-2016 | 14:10 WIB
pebrialin-baru.jpg
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PMPKUKM) Kota Batam, Pebrialin.

BATAMTODAY.COM, Batam - Keberadaan minimarket berjejaring yang terus tumbuh seolah tanpa terkendali dinilai bisa mematikan pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Batam.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PMPKUKM) Kota Batam, Pebrialin mengakui yang terimbas dengan keberadaan minimarket berjejaring, seperti Alfamart dan Indomaret, adalah pedagang kaki lima dan pemilik warung rumahan.

"Keberadaan dua minimarket itu sangat berimbas UKM yang ada di sekitar lokasi. Memang sudah banyak keluhan dari pedagang, tapi kita sudah upayakan untuk mencari solusi terbaik," kata Pebrialin kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (5/1/2016).

Menurut Pebrialin pihaknya sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan dua perusahaan minimarket berjejaring tersebut agar UKM yang ada di Batam tidak mati. 

"Kita wancanakan kedua minimarket tersebut bersama 8.000 UKM di Batam harus bersinergi untuk meningkatkan kualitas. Intinya kedua minimarket tersebut harus menggandeng UKM yang ada," katanya.

Hal itu diwujudkan dalam produk-produk makanan dan minumal yang dijual oleh UKM bisa dipasarkan di dua minimarket tersebut. Tidak hanya itu, pembinaan, pemasaran, perbaikan kulitas produksi juga harus ditingkatkan.

"Tentu kedepan Alfamat dan Indomaret bisa menampung kuliner dan minuman yang dipasarkan oleh UMK di Batam," ujar Pebrialin. Baca: Minimarket Berjejaring Menjamur di Batam, Ini Jawaban Wakil Wali Kota

Nantinya, Dinas PMPKUKM akan menjalin nota kesepahaman dengan manajemen dua minimarket tersebut guna memudahkan para UKM untuk memasarkan produknya.

"Dalam waktu dekat ini kita akan MoU dengan pemilik dua perusahan tersebut agar barang lokal seperti sayuran, kerupuk dan telur bisa dipasarkan di dua minimarket tersebut. Tentu bentuk kemasan harus ditingkatkan," pungkasnya.

Editor: Dodo