Syuzairi Cakap Sudah Waktunya FTZ Dievaluasi
Oleh : Ahmad Rohmadi
Selasa | 05-01-2016 | 08:48 WIB
IMG_20160104_112104_1451930448710.jpg
Asisten Pemerintahan Setdako Batam, Syuzairi. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) Batam ikut angkat suara menyampaikan pandangannya terkait rencana Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang ingin merubah Batam dari kawasan Free Trade Zone (FTZ) menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).


Asisten Pemerintahan Setdako Batam, Syuzairi berpendapat, rencana tersebut menurutnya sah-sah saja dan memang ia katakan sudah waktunya Pemerintah Pusat untuk melakukan evaluasi penerapan FTZ. "Penerapan FTZ awalnya sebenarnya adalah pilot project, jadi wajar kalau Pemerintah ingin mengevaluasi," kata Syuzairi, Senin (4/1/2015).

Dijelaskannya bahwa pihaknya ikut serta hadir tiga kali dalam Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan oleh Kementerian Perekonomian (Kemenko) untuk membahas FTZ di Batam.

Menurutnya rencana evaluasi FTZ dan juga BP Batam memang masih dalam tahap kajian dimana ada persoalan yang menurut Pemerintah Pusat ada penafsiran yang keliru terkait FTZ. "Menurut Menteri Keuangan bahwa ada juga beban APBN sementara hasilnya belum maksimal," katanya.

Ditambah lagi ia katakan informasi yang didapatkan dari Bea Cukai bahwa banyak potensi yang lolos untuk pendapatan APBN. "Tapi apapun hasilnya kita tunggu saja keputusan dari pemerintah," tutupnya.

Editor: Dardani