Jalan Bukit Kemuning Lumpuh Total Akibat Longsor
Oleh : Ahmad Romadi
Minggu | 03-01-2016 | 18:17 WIB
Jalan Bukit Kemuning.jpg
Jalan Bukit Kemuning Tanjung Piayu terputus akibat longsor

BATAMTODAY.COM, Batam - Jalan akses utama menuju Perumahan Bukit Kemuning, Tanjungpiayu, Kecamatan Seibeduk, putus total akibat longsor menyusul hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut.


Pepohonan di sepanjang tebing bukit tak mampu menahan guyuran hujan lebat sejak malam hingga pagi pada Minggu (3/1/2016). Akibat longsor tersebut, empat rumah di Perumahan Nusa Indah RT 1 RW 22 Tanjungpiayu, yang terletak di bawah bukit, hancur terkena hantaman tanah dari atas.

Ketua RT 01 RW 22, Soni Irmen, mengatakan, saat kejadian berlangsung dirinya berada di depan rumah. Dia yang tinggal di rumah yang juga menghadap ke Bukit Kemuning itu, juga mendengar suara patahan pohon. 

"Jadi, saya langsung pukul pagar besi rumah saya dengan palu, sebagai peringatan agar warga segera keluar rumah," katanya menceritakan, Minggu (3/1/2015). Baca: Enam Rumah Warga Rusak, Penghuni 15 Rumah Lainnya Juga Dievakuasi

Ia melihat pergerakan tanah mulai longsor sejak pukul 06.00 WIB. Namun longsoran tanah bergerak perlahan sehingga dia sendiri tidak menyangka bisa menghacurkan beberapa rumah warganya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Yumasnur, mengatakan pihaknya akan melakukan penanggulangan jalan yang saat ini lumpuh total secara darurat. Namun untuk perbaikan ruas jalan selanjutnya, akan dikaji terlebih dahulu. 

Karena itu, saat ini pihaknya belum dapat memastikan apakah jalan itu akan diperbaiki atau ditutup selamanya, menyusul letaknya yang memang berada di lereng bukit.

"Nanti akan di rapatkan dahulu semua termasuk anggarannya. Jika memang memungkinkan diperbaiki, ya akan diperbaiki. Kalau tidak ya tidak," katanya.

Untuk antisipasi longsor susulan, warga setempat yang dibantu Dinas Sosial membangun tenda lahan fasilitas umum (Fasum). Sebanyak 21 Kepala Keluarga (KK) akan diungsikan ke tenda tersebut.

Editor: Surya