Masyarakat Ekonomi Asean Diberlakukan

Kemenakertras Optimalkan Keberadaan BLK di Batam
Oleh : Ahmad Romadi
Minggu | 03-01-2016 | 16:40 WIB
Seksen-kemenaker1.jpg
Sekretaris Jenderal Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Abdul Wahab Bangkona. (Foto: Ahmad Romadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) mendorong untuk dioptimalkan kembali Balai Latihan Kerja (BLK) di Batam, yang saat ini tidak berjalan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenakertrans, Abdul Wahab Bangkona, mengatakan pengoptimalan lembaga training atau pelatihan kerja di daerah dinilai sangat penting guna mengembangkan sumber daya manusia (SDM), khususnya Kota Batam sebagai daerah industri.

"Apalagi MEA saat ini sudah berjalan, di depan kita juga ketahui di sana ada Singapura dan juga Malaysia," kata Abdul Wahab di Batam, Minggu (3/12/2016).

Bukan hanya pelatihan kerja, tapi mulai dari pendidikan dari tingkat dasar sampai keperguruan tinggi perlu pembenahan dan harus direvitalisasi. Karena, menurutnya, harus bersinergi dengan standar internasional.

Salah satu yang menjadi perhatian Kemenaker untuk di Batam adalah training center yang sekarang ini tidak berjalan. Karena itu ia berharap pengelolaan BLK dapat dihibahkan kepada pemerintah pusat. "Jika itu dihibahkan, kita akan bisa operasikan segera mungkin," katanya. Baca: BLK Batam, Riwayatmu Kini!

Pemerintah pusat, katanya, menginginkan adanya kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah untuk mengoptimalkan lembaga pelatihan tersebut dengan tujuan dapat memberi solusi di dalam mengisi peluang kerja yang ada di daerah.

Selain itu, Kemenakertrans juga mendorong pihak swasta untuk ikut serta berpartisipasi dalam membangun kualitas SDM pekerja di Kota Batam.

Keberadaan BLK yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Kecematan Sagulung saat ini memang tidak berfungsi lagi, gedungnya pun saat ini terlihat ngankrak dan tidak terurus, rumput pun tumbuh subur di halaman depan. 

Editor: Surya