Horee...2016 Anak Usia Dini Punya Kartu Identitas
Oleh : Irwan Hirzal
Minggu | 03-01-2016 | 15:04 WIB
lomba_lari_karung_di_desa_batuberdaun.jpg
Mereka bakal juga punya kartu identitas. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rencana Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) dalam program pembuatan kartu identitas anak (KIA) pada 2016 juga akan diterapkan di Kota Batam.


Hal ini disambut baik dan antusias oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Mardanis menilai program tersebut sangat bagus untuk perlindungan anak dan mendapatkan haknya.

"Di Batam juga akan diterapkan kartu KIA sejak usia anak 0-17 tahun. Penggunaan KIA nanti bisa mempermudah pengurusan anak dalam atmitrasi seperti pengurusan  BPJS dan sekolah maupun didisduk capil," kata Mardanis menjawab BATAMTODAY.COM, Minggu (03/01/2016).

Karena selama ini, orangtua hanya mengandalkan Kartu Keluarga (KK) dalam pengurusan urusan anak, kedepannya diharapkan dengan keberadaan KIA dapat mempermudah proses yang berhubungan dengak kepentingan dan keperluan anak.

"Kartui KIA ini hampir sama dengan KTP, tapi bedanya KIA tidak secara elektronik. Namun itu sangat bermanfaat buat identitas jati diri anak," ujarnya

Nantinya didalam KIA akan tertera beberapa informasi mengenai biodata diri anak seperti, nama anak, nama orang tua, alamat, golongan darah, tempat tanggal lahir anak, dan NIK.

Mengenai mekanisme pembuatan KIA nanti, termasuk persyaratan yang harus disiapkan, pihaknya masih menunggu berdordinasi dengan  pusat. "Kita akan melakukan pendataan anak sebelum program ini dilaksanakan, melalui pembuatan akte kelahiran," pungkasnya.

Editor: Dardani