Pesanan Ikan Jelang Tahun Baru di Batam Membludak
Oleh : Harun al Rasyid
Selasa | 29-12-2015 | 15:15 WIB
panen-ikan-temiang.jpg
Ray ketika memanen ikan bawal yang sudah dipesan pembeli. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Berkah perayaan tahun baru 2016 dinikmati oleh para peternak ikan di kawasan budidaya ikan Sei Temiang. Ikan-ikan hasil kerja keras mereka laris manis diorder, baik oleh masyarakat maupun pedagang untuk dijual kembali. 

Bahkan, ikan tersebut sudah di pesan jauh hari sebelum pesta tahun baru. Rata-rata pemesan datang sendiri ke lokasi dengan mematok jumlah orderan dan membayar uang muka sebagai ikatan tanda jadi. 

"Sudah banyak yang pesan. Makanya kita ambil dan siapkan, biar orangnya datang langsung ditimbang dan dibawa pulang," ujar Ray Shandy Stefan sambil menjala ikan di tambak miliknya, Selasa (29/12/2015). 

Dikatakan Ray sekaligus Ketua Asosiasi Perikanan Ikan Air Tawar Sei Temiang, setiap tahun menjelang tahun baru, ia bisa menjual sekitar 1 ton ikan berbagai jenis. Paling rendah orderan yang ia terima berkisar 50 kg sampai 200 kg. Namun, ada beberapa warga yang memesan dalam takaran 5 kg hingga 20 kg. 

"Prinsipnya kita layani berapapun kilonya, tidak dibatasi. Kalau yang pesan 5 kilo biasanya langsung dibawa pulang. Kalau yang banyak, diambil nanti," tutur pria 47 tahun ini. 

Rata-rata para konsumen memesan ikan jenis bawal, nila dan lele. Untuk harga bervariasi sesuai dengan jenis ikan yang diinginkan. Misalnya Bawal dijual dengan harga Rp 60 ribu per kilogram sedangkan ikan Nila dijual dengan harga Rp 55 ribu per kilogram. Sementara lele dijual dengan harga Rp 14 ribu per kilogram. 

Lokasi budidaya ikan yang terletak di Unit Pertanian Konvensional dan Balai Pengelolaan Agribisnis Otoritas Batam Sei Temiang ini menyediakan berbagai jenis ikan air tawar seperti, ikan Bawal, Nila, Lele, Mujahir dan Ikan Emas. Tempat ini juga menyediakan lokasi untuk para tamu yang hendak memesan ikan yang dikonsumsi secara langsung. 

"Bisa juga langsung dikonsumsi disini. Untuk harganya sama saja. Kita yang sediakan dan bisa langsung disantap," pungkasnya. 

Editor: Dodo