Soal Pemberantasan Malaria, Dinkes Batam Raih Penghargaan dari Kemenkes
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 28-12-2015 | 15:05 WIB
chandra-jamkesmas.gif
Kadinkes Batam, Candra Rizal.

BATAMTODAY.COM, Batam - Belum lama ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terkait pemberantasan penyakit malaria.

"Kita mendapat penghargaan karena tidak adanya penyebaran penyakit dan jumlah penderita yang menurun. Memang penyakit itu masih ada di masyarakat. Tapi jumahnya jauh turun dari tahun lalu," ujar Kadinkes Batam, Candra Rizal, Senin (28/12/2015)

Keberhasilan mendapatkan penghargaan itu kata Candra tidak lepas seluruh elemen masyarakat yang ada di Batam. "Sosialisasi yang tepat sasaran, dan masyarakat mengerjakan pencegahan penyakit malaria dengan benar," ujarnya.

Candra mengungkapkan bahwa selain peranan masyarakat, sarana-sarana lengkap yang disedikam Dinkes menjadi salah satu penyebab menurunya penderita malaria.

"Puskesmas-puskesmas juga sangat berperan penting, karena sudah menjadi ujung tombak Dinkes di lapangan," tuturnya.

Candra berharap tahun depan pihaknya akan mempertahankan prestasi ini dan ke depannya pihaknya juga akan meminimalisir penyakit-penyakt menular yang lainnya.

"Masyarakat harus cepat bertindak kalau ada kejala-gejala aneh yang dialami. Jangan menunggu sekarat baru mengecek ke puskesmas atau rumah sakit," pungkasnya.

Editor: Dodo