Basarnas Hentikan Pencarian Awak Kapal MT Thorco Cloud V2FU6
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 28-12-2015 | 11:47 WIB
mt_thorco.jpg
MT Thorco Cloud V2FU6 yang tenggelam di perairan internasional usai ditabrak Tanker MV Stolt Commitment.

BATAMTODAY.COM, Batam - Tiga orang anak buah kapal (ABK) MT Thorco Cloud V2FU6 dari 6 orang yang dinyatakan hilang setelah ditabrak dan tenggelam, hingga saat ini belum ditemukan.

Namun proses pencarian tiga ABK tersebut, dihentikan oleh Badan SAR Nasional (Basarnas) Tanjungpinang lantaran tidak menemukan ABK yang mengapung di lokasi kejadian dengan titik kordinat 1'-12-64-N-103'-54-105-E di perairan internasional.

"Kemarin Sabtu (25/12/2015), kita sudah hentikan pencarian 3 ABK yang belum ditemukan," ujar Kepala Kantor SAR Tanjungpinang, Abdul Hamid saat dihubungi Senin (28/12/2015)

Hal itu lantaran dalam opreasi SAR ditentukan sampai 7 hari pencarian korban secara manual sejak hari Rabu (16/12/2015), dengan menyisir sekitar lokasi tenggelamnya kapal.

Dalam operasi pencarian selama sepekan, tim Basarnas menemukan dua mayat yang merupakan ABK kapal pada pada H+7 sehingga operasi ditambah selama 3 hari.

"Karena ketika H+7 kita menemukan mayat, sehingga proses pencarian ditambah selama tiga hari," ujarnya.

Namun demikin dalam penambahan 3 hari pencarian, 3 ABK korban tabrakan pihaknya tidak menemukan 1 pun jenazah yang diduga masih berada di dalam kapal kargo tersebut. 
  
"Sehingga Sabtu kemarin, kita hentikan pencarian. Karena tidak menemukan korban lagi. Sementara kita belum menurunkan tim penyelam lantaran tidak diizinkan dan kondisi lokasi tenggelamnya kapal di jalur internasional," pungkasnya.

Editor: Dodo