Bawa Bendera Meisterstadt, BJ Habibie Gebrak Pasar Properti Batam
Oleh : Harun Al Rasyid
Sabtu | 05-12-2015 | 20:57 WIB
bj_habibi.jpg
Pengenalan proyek pembangunan property Miesterstadt di Hotel Planet Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie tertarik terjun dalam bisnis properti di Batam. Menggandeng sebuah developer yang berbasis di Singapura, Pollux Properties. Proyek ini dibangun di bawah label, Meisterstadt. 


Pengenalan proyek ini bertajuk Pollux Global Agency Summit IV itu dilakukan dengan mengundang para agen property yang digelar di Grand Galaxy Ballroom, Planet Holiday Batam, Sabtu (5/12/ 2015).

Proyek ini akan menjadi satu kawasan hunian yang lengkap dan termegah di Batam. Bahkan, sesuai dengan impian "bidadari"-nya BJ Habibi, Ainun, di atas lahan seluas 8,5 hektar di Simpang Fanky Batam Center itu, juga dibangun rumah sakit. "Rumah sakit tetap akan kita bangun, karena itu adalah amanah dan impian Ibu Ainun," ungkap Josep Eduardus, General Operasional Meisterstadt kepada pers di Batam. 

Keberadaan proyek ini sangat penting dan prospetif, mengingat Batam berbatasan langsung dengan dua negara tetangga Singapura dan Malaysia. Tentunya, ini akan menjadi produk yang paling dicari oleh para investor maupun agen properti di Batam. 

"Kita menggunakan sistem pemasaran yang berbeda, kita menggandeng para agen properti. Sehingga dengan strategi yang benar, mereka bisa mendapatkan uang Rp1 miliar dalam 1 bulan," tambahnya. 

Meisterstadt adalah sebuah bangunan superblock yang menghadirkan konsep, kota dalam kota, dibangun diatas luas lahan sebesar 9 hektar, didalamnya terdapat 8 tower apartemen, shophouses, hotel, mall, pertokoan, perkantoran dan rumah sakit. Menariknya, proyek ini merupakan sebuah proyek yang digarap dengan melibatkan nama salah satu tokoh penting di Indonesia. 

Nama B.J. Habibie akan digunakan dalam pembangunan perkantoran dan rumah sakit yang akan dikembangkan dengan standar kemajuan Negara Jerman. Penjualan VVIP Pass Phase 1  untuk shophouses dan apartemen Meisterstadt akan segera dilakukan sebelum proyek ini diluncurkan, dengan 3 tipe kamar yaitu, 1 BR luas 24.82 sqm; 1 BR A luas 42,51sqm dan 2 BR luas 51,59sqm dengan total 734 unit pada Tower 1 dan 839 unit pada Tower 2, disusul dengan penjualan 128 unit ruko. Menurut rencana, Meisterstadt ini akan mulai dibangun pada pertengahan tahun 2016 dan rampung pada tahun 2019.

Tokoh dibalik pembangunan proyek ini, tidak lain adalah mantan Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Beliau menyebutkan bahwa Indonesia akan menjadi negara terkaya peringkat ke 7 versi The Country Masterplan Development pada tahun 2030.

Dengan demikian bukan tidak mungkin jika Batam akan semakin berkembang, hal ini akan memberikan pengaruh yang cukup besar, karena Batam merupakan pusat perdagangan bebas antar Asia Tenggara. 

Tidak hanya itu, kehadiran Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di Indonesia pada penghujung tahun 2015, disinyalir akan memberikan dampak yang baik kepada perkembangan harga properti di Kota Batam.

Rencana pembangunan ini akan dibangun di atas luas lahan sebesar 9 hektare, di dalamnya terdapat 8 tower apartemen nantinya terdiri dari shophouses, hotel, mal, pertokoan, perkantoran, dan rumah sakit.

Penjualan VVIP Pass Phase 1 untuk shophouses dan apartemen Meisterstadt akan segera dilakukan sebelum proyek ini diluncurkan, dengan 3 tipe kamar yaitu, 1 BR luas 24.82 sqm; 1 BR A luas 42,51sqm dan 2 BR luas 51,59sqm dengan total 734 unit pada Tower 1 dan 839 unit pada Tower 2, disusul dengan penjualan 128 unit ruko. 

Menurut rencana, Meisterstadt ini akan mulai dibangun pada pertengahan tahun 2016 dan rampung pada tahun 2019.

Proyek unggul ini disinyalir dapat melengkapi kebutuhan pasar Batam, seperti yang dijelaskan oleh Yosef Eduardus, General Manager Operational Meisterstadt.

"Dalam setiap pembangunan proyek yang dilakukan oleh Pollux Properties, hal-hal yang paling kami utamakan adalah, kemudahan fasilitas bagi setiap penghuni," ujarnya.

Salah satunya adalah pemilihan lokasi yang strategis tepat di jantung kota Batam, Meisterstadt mempunyai lokasi yang sangat dekat dengan Hang Nadim International Airport, Batam Center Ferry Terminal dan Kota Nagoya. 

"Ini adalah sebuah icon baru bagi Kota Batam, ketinggiannya mencapai 400 meter, kami menyebut proyek ini sebagai bangunan yang didesain membentuk sebuah kota di dalam kota di mana gaya hidup, bisnis dan budaya bercampur menjadi satu, demi menciptakan kualitas hidup yang lebih baik," tutupnya.

Editor: Dardani