Guntur Sakti Pesimis 2,5 Juta Wisatawan Asing Kunjungi Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 04-12-2015 | 10:31 WIB
guntur baru.jpg
Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti mengaku sangat pesimis dapat terealisasinya target 2,5 juta kunjungan wisatawan asing ke Kepri sebagaimana yang ditargetkan oleh Kementerian Pariwisata.

Guntur menyampaikan kendala yang dihadapi untuk mewujudkan target itu adalah musibah kabut asap yang berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisatawan asing ke provinsi ini.

"Kondisi itu sangat memperburuk kunjungan wisatawan asing ke Kepri, sejumlah perjalanan wisatawan dan iven internasional yang sebelumnya sudah direncanakan batal digelar, termasuk juga banyaknya pemesanan kamar hotel yang dibatalkan," kata Guntur, Jumat (4/12/2015).

"Jadi secara umum, target kunjungan wisatawan asing sebanyak 2,5 juta ke Kepri sebagaimana yang dicanangkan Pak Menteri sangat berat untuk kita capai," imbuhnya. 

Sebelumnya, kata dia, pertumbuhan kunjungan wisatawan asing ke Kepri ditargetkan naik lima persen dengan 2,3 juta orang. Target moderat sebanyak 2 juta dan konstan sebanyak 1,5 juta. Hingga September 2015, total kunjungan wisatawan asing ke Kepri tercatat 1,5 juta orang.

Tetapi pada pertengahan tahun 2015, Menteri Pariwisata meminta tambah capian yakni 2,5 juta, sehingga dalam waktu enam bulan, sejak Juni harus bisa mendatangkan 1 juta wisatawan asing. 

"Memamg dengan penerapan 6 pelabuhan laut bebas visa dari 90 negara yang ditetapkan pemerintah, sangat menguntungkan Kepri, tapi dengan adanya bencana asap, efeknya penurunan kunjungan wisatawan asing sangat signifikan," kata Guntur.

‎Mudah-mudahan, kata Guntur, dengan adanya kenaikan ‎jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau pada bulan Oktober 2015 ini yang mencapai 156.990 atau naik 1,03 persen dari September bulan lalu itu, akan dapat mendekati target moderat 2 sampai 2,3 juta orang.

Editor: Dodo