SIM Online akan Diluncurkan di Depan Pemko Batam
Oleh : Hadli
Kamis | 03-12-2015 | 19:10 WIB
IMG_20151103_130604_edit.jpg
Direktur Direktorat Lalulintas Polda Kepri, Komisaris Besar Polisi Edy Yudianto. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Program Surat Izin Mengemudi (SIM) Online akan diresmikan serentak di 47 wilayah di Indonesia oleh Presiden Republik Indonesia Ir Jokowi Widodo (Jokowi) pada Minggu (6/12/2015) mendatang. 


Di Kepulauan Riau (Kepri), launching SIM online dilaksanakan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Kepri bertempat di Jalan Raya Engku Putri, Batam Centre, depan Gedung Pemko Batam pada pukul 07.00 WIB. 

Direktur Direktorat Lalulintas Polda Kepri, Komisaris Besar Polisi Edy Yudianto mengataan, dalam peluncuran SIM online Minggu nanti pihanya bekerja sama dengan pemerintan daerah, dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk), dan pihak perbakan dan proveder sebagai mitra. 

"Peluncuran SIM Online di Kepri bertempat di Batam akan menampilkan bus SIM online, bus Samsat keliling, mobil penling, mobil PJR dan SPM Patroli, dari Disduk menampilkan mobil perekaman keliling, alat pengecekan keaslian KTP Elektronik. Bank BRI menampilkan e-buz, stand BRI. PT Telkom menampilkan Indihome, stand Telkom serta penampilan dari Polcil (Polisi Cilik)," ujarnya, Kamis (3/12/2015). 

Lebih jauh disampaikannya, dengan telah diresmikannya SIM online mempermudah masyarakat untuk mengurus perpanjangan SIM dimana saja dan tidak harus di tempat mereka berdomisili.

"SIM online merupakan layanan perpanjangan SIM yang bisa dilakukan di luar kota. Misal, pemilik SIM domisili di Jakarta namun tidak sempat melakukan perpanjangan karena masih berada di Batam, maka sudah bisa melakukan perpanjangan SIM di Batam," katanya. 

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kepri, Ajun Komisaris Besar Polisi mengatakan, dengan diterbitkan nya SIM Online ini dapat lebih mempermudah Masyarakat dalam pengurusan SIM. 

"Bagi yang belum memiliki SIM diwajibkan untuk segera dapat memiliki SIM dan tentu nya membutuhkan waktu yang relative lebih singkat. Karena sudah di Launching nya SIM online ini," himbaunya. 

Dalam kegiatan tersebut juga terdapat acara silaturahmi dengan komunitas otomotif Batam dengan  menampilkan, Slalom tes, Freestyle, Cheerleaders, Dance group, Fashion show, Games, Live band, Female dj, Lady car wash. 

"Hadirilah kegiatan sehari bersama Polisi Lalu Lintas di Kepulauan Riau dalam Launching SIM Online," tutup Hartono.

Editor: Dardani