Dahlan Klaim Kota Batam Paling Siap Menghadapi MEA di Kepri
Oleh : Ahmad Rohmadi
Rabu | 02-12-2015 | 18:12 WIB
ahmad_dahlan_1.jpg
Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Implementasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah dipastikan akan berjalan pada akhir bulan Desember 2015 ini. Siap ataupun tidak, seluruh daerah tidak bisa mengelak kebijakan yang diambil pemerintah pusat tersebut.

Memasuki MEA secara fisik pada tahun 2015, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengaku tidak akan membuat acara khusus untuk menyambut MEA pada tanggal 31 Desember itu.

"Yang penting bagi saya bukan seremoni tapi kesiapan tenaga pekerja kita seperti sertifikasi atau lainnya," kata Dahlan, Selasa (2/12/2015).

Sedangkan untuk di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Dahlan mengaku bahwa Kota Batam paling siap untuk menjalankan MEA tersebut dibanding dengan daerah Kabupaten/Kota lainnya.

Meskipun masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki, Wali Kota Batam dua periode itu juga optimis bahwa Batam akan mampu bersaing dan tidak akan menjadi objek di negeri sendiri.

"Saya kira kalau di Kepri, Kota Batam yang paling siap, jadi kita ini jangan merendahkan bangsa sendiri," katanya.

Sebelumnya, lebih dari satu dekade lalu, para pemimpin ASEAN sepakat membentuk sebuah pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015 mendatang.

Pembentukan pasar tunggal yang diistilahkan MEA ini, nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat.

Editor: Dodo