Warga Kampung Jabi Masih Menanti Air Bersih
Oleh : Hadli
Selasa | 01-12-2015 | 16:12 WIB
Air-PDAM.jpg

BATAMTODAY.COM, Batam - Realisasi air bersih dari ATB yang telah disepakati pihak BP Batam sampai saat ini belum juga dipenuhi sebagaimana yang telah diharapkan ratusan warga Kampung Tua Jabi, Batubesar, Kecamatan Nongsa selama puluhan tahun. 

Amiluddin, Ketua Rukun Warga (RW) 4 Kampung Jabi mengatakan, dalam aksi demo yang terakhir kali digelar pada Kamis (3/9/2015), sampai dengan saat ini ratusan warganya belum juga menikmati rasa air bersih. 

"Pada saat itu, pak Cecep Mulyana (Kepala Ditpam BP Batam) berjanji akan meneruskan aspirasi masyarakat ke ATB," kata dia, Selasa (1/12/2015). Baca: Warga Kampung Jabi Menanti Realisasi Janji ATB

Atas pernyataan itulah, kata dia, data lengkap ratusan warga Kampung Jabi diserahkan kepada pak Cecep  keesokan harinya, Jumat (4/11/2015). "Tapi sejauh ini kami belum menerima informasi perkembangannya," kata dia lagi. 

Ami mengatakan, sampai kapan warganya bisa menikmati air bersih. Selama ini, tambah dia, curah air hujan yang ditampung tetap tidak bisa menutupi kebutuhan sehari-hari ratusan masyarakat kampung Jabi. Di kala suhu panas, air sumur yang dimiliki beberapa warganya mengalami kekeringan. 

"Kami ajukan pemasangan air ke ATB dan BP Batam tidak gratis. Sebagaimana warga membayar lainnya, kami juga membayar dengan nilai yang sama. Tapi kenapa, warga yang sudah tiga keturunan tinggal di Batam belum juga mendapat haknya sebagai warga negara indonesia," ujar Ami. 

Demo menutut air bersih sudah beberapa kali dilakukan sejak 2012 lalu oleh masyarakat Kampung Jabi.  Semua proses perosedural yang diminta juga telah terpenuhi. Akan tetapi mimpi bisa menggunakan air bersih layanya warga Batam lainnya masih dalam mimpi. "Kami akan terus memperjuangkan hak kami memperoleh air bersih," tuturnya.  

Sementara itu, Cecep yang dikonfirmasi menyatakan aspirasi yang disampaikan warga Kampung Jabi sudah diteruskan ke pihak ATB.

Editor: Dodo