Batam Kota dengan Pertumbuhan Penduduk Tercepat di Dunia
Oleh : Redaksi
Selasa | 01-12-2015 | 13:19 WIB
mudik-penumpang-kelud.jpg
Kepadatan penumpang di Pelabuhan Sekupang saat mudik hari raya. (Foto: dok. BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM - Kota Batam yang terletak di perbatasan Indonesia dengan Singapura dan Malaysia, disebut sebagai kota dengan pertumbuhan penduduk tercepat di dunia.

Situs The Guardian melansir, berdasarkan data dari Demographia, konsultan yang berbasis di Amerika Serikat, Batam dekat dengan Singapura dan beroperasi sebagai pusat transportasi dan kawasan industri, memiliki populasi 1,1 juta dalam estimasi terbaru, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 7,4%.

Kedua pada peringkat Demographia adalah Mogadishu di Somalia, dengan populasi 2,1 juta, tumbuh 6,9%. Pertumbuhan Mogadishu didorong oleh situasi keamanan yang membaik dan prospek ekonomi setelah puluhan tahun terjadi perang sipil dan banyak warga Somalia telah kembali dari luar negeri.

Di tempat ketiga adalah Ouagadougou di Burkina Faso, dengan populasi 2,7 juta dan pertumbuhan 6,8%. Negara itu secara keseluruhan rentan terhadap fluktuasi harga komoditas, tapi mengambil manfaat dari investasi di bidang infrastruktur.

Kota dengan pertumbuhan tercepat keempat dan kelima di dunia keduanya di Tiongkok, dengan Xiamen tumbuh 6,7% dengan populasi 4,4 juta dan Yinchuan tumbuh 6,1% dengan populasi 1,6 juta.

Tapi upaya pemerintah Tiongkok sangat baik yakni mengurangi ketergantungan ekonomi pada negara Barat sehingga membuat tingkat pertumbuhan yang lebih cepat di kota-kota seperti Chengdu, menurut Wendell Cox, dari Demographia. Dengan populasi lebih dari 10 juta, pertumbuhan penduduk di Chendu sebesar 3,5% per tahun dan mencakup luas 1.541 km persegi kota tersebut.

"Pemerintah berkomitmen untuk mendorong lebih banyak orang untuk pindah ke kota karena kemakmuran yang lebih besar yang mereka harapkan dalam jangka panjang. Begitu pun dengan perlambatan ekonomi, Anda bertanggung jawab untuk masih melihat pertumbuhan di kota-kota Tiongkok," kata Cox.

Editor: Dodo