Segera Dirujuk ke Jakarta

Bocah Pengidap Tumor Ganas Ini Jalani Perawatan di RSUD Embung Fatimah
Oleh : Harun al Rasyid
Senin | 30-11-2015 | 17:33 WIB
nagresia.jpg
Nagresia, bocah penderita tumor ganas yang mendapatkan perawatan di RSUD Embung Fatimah, Batam. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Nagresia (7) terbaring lunglai di RSUD Embung Fatimah Batuaji, Senin (30/11/2015). Warga Air Mas Dapur Arang, Ngenang, Nongsa, ini divonis dokter mengidap penyakit tumor Intra Abdomen.

Sejak 33 hari yang lewat, Nagresia ditemani, neneknya Nurma (70) dan Sara Mami (23) terbaring di ruangan Anyelir 302. Diceritakan Nurma, awalnya sang cucu mengeluh sakit bagian perut. Kemudian oleh sang nenek diobati dengan obat seadanya. 

Selang 2 hari kemudian, perut Nagresia semakin membesar. Merasa khawatir, ia membawa sang cucu ke RSOB Sekupang. Setelah 10 hari diinapkan di RSOB, ia membawanya pulang karena tak mampu membayar. Bukanya membaik, kondisi Nagresia semakin memburuk dan kemudian dibawa kembali ke RSOB untuk diperiksa kesehatannya.

"Pertama berobat di RSOB terus pulang. Karena sakit lagi, kami ke RSOB tapi mereka (pihak RSOB) tak mau terima lagi. Tak tahu kenapa," katanya. 

Derita Nagresia tak berakhir di sini. Pengakuan, Sara, pengasuh Nagresia mengatakan, Nurjannah ibu kandungnya sudah meninggal dunia saat melahirkan Nagresia.

Sementara Sarir (38) ayah kandungnya tak pernah menampakkan batang hidungnya semenjak ditinggal Nurjannah. Diceritakan mami, sepeninggal Nurjannah, Sarir pun menikah lagi dan tak pernah menengok ataupun mencari tahu kabar sang anak. 

"Mamanya sudah meninggsl pas lahirkan dia (Nagresia). Bapaknya tinggal di Guntung, Pulau Burung tak pernah ke sini. Anaknya sakit juga ia tak dengar,"ujarnya. 

Sementara itu, Aulia Fitriani Nasution, dokter yang datang merawat Nagresia mengatakan, penyakit tumor ganas yang diderita pasien sangat berbahaya. Saat ini, Nagresia akan diurus administrasinya guna dirujuk ke RSCM Jakarta. Sebab, pasien harus segera dioperasi, sementara peralatan di RSUD kurang memadai. Untuk itu, dikatakanya juga, bisa dirujuk di RS Dharmais atau RSCM di Jakarta. 

"Dia mengidap tumor Intra Abdomen. Orang tuanya memilih di RSCM yah sudah kita rujuk di sana. Di Jakarta peralatanya lebih bagus," terangnya. 

Editor: Dodo