Masuki Musim Hujan, Warga Marina View Masih Krisis Air
Oleh : Harun Al Rasyid
Kamis | 26-11-2015 | 17:11 WIB
krisis_air.jpg
Ilustrasi krisis air bersih. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Walaupun sudah memasuki musim hujan, beberapa warga di Perumahan Marina View Tanjunguncang Batam masih mengalami krisis air. Kondisi ini sudah mereka alami sejak 3 tahun yang lalu. 


Seperti yang diungkapkan Nabila, salah satu warga perumahan yang tinggl di blok D3 No. 36 RT 02 RW 10. Semenjak tahun 2011 lalu, warga diperumahan ini selalu mengeluh karena air ATB selalu macet. Terlebih lagi di musim kemarau. Untuk keperluan memasak dan mandi, ia terpaksa membeli air galon. 

"Musim hujan gini aja masih macet, apalagi kemarau. Kalau gak ada air, beli air galon jadinya," kata Nabila saat ditemui BATAMTODAY.COM, Kamis, (26/11/2015). 

Beberapa bulan yang lalu, tepatnya bulan Oktober, ia juga membli air dalam kemasan galon untuk dikonsumsi. Bagi wanita yang suaminya sudah meninggal itu, menggunakan air galon untuk keperluan sehari-hari adalah hal yang biasa. 

Senada yang dikatakannya, Dewi warga Perumahan Marian View Blok E1 No. 23 menuturkan, selama beberapa minggu belakangan kondisi air di rumahnya selalu mati. Semenjak musim hujan ini, air dirumahnya selalu mati. 

"Jam 7 pagi mati sampe jam 1 siang. Nanti nyala, jam 5 mati lagi sampe malam jam 9 malam. Nah jam 9 malam nyala sampe pagi jam 7. Begitu tiap hari," ujar Dewi. 

Buntut dari keseringan mati air ini, Dewi terpaksa menyiapkan wadah untuk menampung air. Untuk keperluan memasak dan mencuci, ia mengaku menampung air sejak malam hari. Begitu juga saat soreh hari ketika jadwal air mengalir diperumahan ini. 

"Dulu malah harus bangun tengah malam jam 3 gitu, buat nampung air. Kata orang-orang sini, cuma perumahan sini yang mati air," terangnya. 

Masih dari penuturan Dewi, pada umumnya, warga perumahan Marina View sudah mengetahui jadwal air yang macet. Pihak ATB selalu menginformasikan kepada jajaran RT tentang hal ini. 

"Dulu sering diumumin di masjid oleh pak RT. Sekarang udah gak lagi, jadi kami udah tau jadwalnya," pungkasnya. 

Editor: Dardani