KPU Batam Fokuskan Distribusi Surat Suara ke Kawasan Pulau
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 23-11-2015 | 17:42 WIB
pelipatan-surat-suara-batam.jpg
Proses pelipatan surat suara di KPU Batam. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam terus menggesa kesiapan logistik untuk keperluan Pilkada, baik kota maupun provinsi. Lembaga ini memfokuskan distribusi surat suara ke wilayah pulau alias hinterland terlebih dahulu.

Komisioner KPU Batam, Mangihut Rajaguguk, merencanakan pengiriman logistik kotak suara serta surat suara di tiga kecamatan yakni Belakangpadang, Bulang dan Galang dilakukan pada 5 Desember 2015 mendatang.

"Karena tiga wilayah itu, wilayahnya sangat jauh, menggunakan jalur laut. Jadi kita fokuskan di wilayah hinterland," ujar Mangihut kepada BATAMTODAY.COM, Senin (23/11/2015).

Setelah 3 kecamatan itu sudah rampung, dan sampai di TPS, kata Mangihut dilanjutkan untuk pengiriman di wilayah mainland di 9 kecamatan Kota Batam. 

"Paling lambat itu tanggal 8 Desember pukul 18.00 WIB, sudah sampai di TPS pengiriman kota suara di 12 kecamatan," ujarnya.

Namun demikian pengiriman logistik dari KPU Batam ke Kecamatan, Kelurahan serta TPS dalam keamanannya yang bertanggung jawab adalah PT Pos Indonesia. Dikarenakan mereka pemenang lelang tender pengiriman logistik yang menghabiskan anggaran Rp 800 juta. 

"Pemenang tendernya PT Pos Indonesia jadi bukan KPU lagi. Mereka yang bertanggung jawab keamanan surat suara dari KPU sampai TPS," kata Mangihut.

Meskipun demikian pengiriman logistik surat suara tetap dikawal oleh anggota kepolisian dari kantor KPU sampai di TPS. Mangihut mengaku pihaknya sudah berkordinasi dengan Kapolresta Barelang tentang pengamanan surat suara.

"Untuk menjaga keamanan surat suara, pada tanggal 26 November nanti, kita akan lakukan bimbingan teknis dengan PPK, PPS PT Pos dan kepolisian. Agar dalam proses pengiriman tidak ada kendala," pungkasnya.

Editor: Dodo