Kabut Asap Makin Parah, Kapal Antar Negara dan Provinsi Ditunda
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 24-10-2015 | 14:13 WIB
IMG_20151024_1050052.jpg
Iniah kapal antar provinsi yang dihentikan operasionalnya akibat kepungan kabut asap. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kabut asap kiriman dari Sumatera dan Kalimandan semakin parah menyelimuti langit Provinsi Kepri. Akibatnya, transportasi laut, khususnya Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) Batam pun dihentikan total, Sabtu (24/10/2015)

Termasuk, kapal dengan tujuan antar negara dan antar provinsi. Ini karena kondisi kepungan kabut asap yang semakin parah. Apalagi, cuaca juga kurang mendukung untuk berlayar.

"Kita tunda kapal Batam tujuan Singapura dan Batam-Buton serta kapal antar provinsi, karena kabut asap menyelimuti perairan Kepri," kta Syahbandar PDS Komaruddin kepada BATAMTODAY.COM.

Komarudin mengatakan ada tiga kapal yang ditunda keberangkatanya Dumai Expres pukul 07.15 Wib dan dua kapal Batam Fast dan Sindo Princes tujuan Singapura.

Ia mengaku saat penundaan keberangkatan kapal melakukan kordinasi dengan pelabuhan Tanjungbalai Karimun dan Tanjungbatu bahwa jarak pandang masih aman untuk berlayar atau 1 mil lebih.  

"Kita tunda tadi 30 menit karena kapal tersebut merupakan jadwal pertama keberangkatan trasportasi laut di Sekupang. Sehingga kita mengkhawatirkan keselamatan para awak penumpang akibat kabut asap," katanya.

Hingga pukul 11.15 Wib lanjut Komaruddin jarak pandang masih aman untuk berlayar dan jadwal keberangkatan yang lain atau antar kota tidak ada penundaan.

"Hanya pagi saja yang kita tunda. Sebelum diizinkan berlayar selain berkordinasi dengan Syahbandar yang lain. Kita liat pulau Seraya tepat didepan PDS. Kalau tidak terlihat jelas pulau itu baru kita lakukan penundaan," pungkasnya.

Editor: Dardani