Syahbandar Telaga Punggur Batam Larang Operasional Speedboat
Oleh : Hadli
Sabtu | 24-10-2015 | 11:58 WIB
IMG_20151024_105005.jpg
Kegiatan pelayaran speadboat. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam -  Syahbandar Pelabuhan Telaga Punggur kembali menutup jalur pelayaran tujuan Tanjunguban dan Tanjungpinang akibat jarak pandang yang terbatas akibat kabut asap semakin menebal. 

"Sejak pukul 09.15 wib pagi tadi pelayaran terpaksa dihentikan lagi. Kabut semakin menebal," kata Kepala Syahbandar Punggur Erwin Sjafrjzal di ruang tunggu, Sabtu (24/10/2015). 

Ia mengatakan, pagi mulai pukul 07.00 Wib pelayaran sempat dibuka. Namun sekitar 2 jam beberapa kapal  mengangkut penumpang ke Tanjungubn dan Tanjungpinang, kabut asap kembali menebal. 

"Jarak pandang selama 2 jam 0,5 mil. Kami tidak mau ambil resiko, makanya terpaksa ditutup sementara sampai kondisi kabut membaik," tuturnya lagi. 

Setelah sekitar 2 jam kabut menebal, tambahnya pada pukul 11.00 wib kabut yang sempat menutup pandangan perlahan mulai menerang. "Pukul 11.20 ini kita buka untuk sementara waktu  karena jarak pandang mulai membaik. Mudahan - mudahan terus membaik. Nantinya kalau kabut kembali menebal terpaksa kita tutup lagi," katanya. 

Ia mengatakan, akan terus memantau perkembangan kabut asap dan berkoordinasi dengan BMKG Hang Nadim dan Kepala Kantor Pelabuhan Batam. 

Sebelumnya pada Jumat (23/10/2015), Syahbandar Pelabuhan Telaga Punggur juga menutup pelayaran hingga sore hari. Kondisi ini sempat memanas, karena sebagian penumpang dan operator kapal mendesak pada jm - jm tertentu kapal diberangkatkan. 

Editor: Dardani