Dinsos Batam Titipkan 11 Bocah Panti Asuhan Rizki Khairunnisa ke LKSA Permate Sagulung
Oleh : CR12
Kamis | 22-10-2015 | 16:28 WIB
anak-RK-permate.jpg
Anak-anak dari Panti Asuhan Rizki Khairunnisa terlihat ceria saat dititipkan Dinsos Batam ke LKSA Permate, Sagulung. (Foto: Harun al Rasyid).

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 11 orang anak dari Panti Asuhan Rizki Khairunnisa dipindahkan ke Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Permate, Tembesi, Sagulung. Belasan anak ini dititipkan atas rekomendasi dari Dinas Sosial Kota Batam.

Sebelumnya diberitakan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kepri menggrebek Panti Asuhan Rizki Khairunisa yang berada di Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Batu Ampar, Selasa (20/10/2015) karena diduga melakukan praktik kekerasan terhadap anak.

Suharmanto Ketua Yayasan Permate kepada BATAMTODAY.COM mengatakan pihaknya menerima ke-11 anak tersebut untuk semntara.  Ke-11 anak tersebut terdiri dari 2 wanita dan 9 laki-laki yaitu Aisah (11), Ar (10), H, (12), M (8), O (10), Fn (9), Ab (4), Yn (6), Da (7), Sa (2,5), dan Ra (4).

"Untuk sementara ditipkan di sini dulu, kita amankan mereka, kita cukupkan makannya dan cukupkan kebutuhannya, " ujar Suharmanto, Kamis (22/10/2015).

Suharmanto mengatakan pihaknya tetap akan bersedia bilamana anak-anak tersebut dipermanenkan untuk diasuhnya. Namun, dia menunggu keputusan lebih lanjut dari Dinas Sosial Kota Batam terhadap nasib anak-anak tersebut.

"Kalau sudah ada kejelasan dari pihak-pihak terkait, apakah anak-anak ini nanti tetap di sini, atau bagaimana kami serahkan keputusan ke Dinsos sepenuhnya," jelasnya.

"Kalau secara materi kita terbebani, karena yang biasanya kita masak untuk 28 orang, kini harus bertambah. Tapi kalau secara manusiawi tidak terbebani sama sekali,"pungkasnya.

Dari pantauan di lapangan, terlihat bocah-bocah itu bermain bersama, ditemani oleh beberapa pengasuh. Sementara itu, Dafa (7), salah satu pendatang baru di Yayasan Permate terlihat, ternyum dan tertawa gembira. Ia mengaku senang berada di LKSA tersebut.

"Senang om disini makan ikan, kalau di sana (Panti Asuhan Rizki Khairunisa-red) makan mie saja. Saya di sini saja, tak mau pulang," ujarnya polos.

Editor: Dodo