160 Prajurit Raider 134 Ikuti Lomba Ketangkasan Menembak
Oleh : CR12
Rabu | 21-10-2015 | 16:12 WIB
IMG00202-20151021-1144.jpg
Para prajurit Yonif 134/Raider Batam sedang berlomba menembak. (Foto: Harun Al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 160 anggota Batalyon Infanteri (Yonif) 134/Raider mengikuti kejuaraan Lomba Menembak Semester II di lapangan tembak Mako Yonif 134/Raider, Barelang, Kota Batam, yang berlangsung sejak Senin (19/10/2015) lalu. 

Sebanyak 160 peserta terdiri dari 8 pleton yang mana setiap pleton terdiri dari 20 orang. Kejuaraan ini dilaksanakan untuk menguji ketangkasan personel Yonif 134/Raider setelah melakukan latihan semester lalu. 

Komandan Batalyon Infanteri 134/Raider, Letkol (Inf) Ucu Yustiana, mengatakan, kejuaraan ini merupakan sarana evaluasi sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kemampuan para penembak personel Yonif 134/Raider. Dijelaskan, lomba menembak tersebut diadakan 2 kali dalam satu tahun, yakni semester ganjil dan semester genap.

"Sekarang ini lomba menembak antar pleton. Lomba ini dimaksud untuk menguji hasil latihan selama semester II dan menguji ketangkasan mereka dalam menembak.

Ketika disambangi BATAMTODAY.COM di lapangan tembak Mako Yonif 134/Raider, Rabu (21/10/2015), Ucu Yustiana menuturkan, kemampuan menembak setiap prajurit ini harus terus dipelihara dan ditingkatkan melalui latihan rutin. Selain itu, juga digelar berbagai kegiatan event lomba. 

Ia mengaku, saat ini ia berusaha untuk terus memacu mental prajurit dengan memperbanyak latihan dam memotivasi mereka agar menghasilkan prajurit yang handal.

"Hasil semester kemarin masih belum maksimal. Memang beda antara latihan dan lomba. Pada saat latihan bagus namun pada saat lomba, kadang masih belum bagus. Mental ini harus dijaga dan terus kita tingkatkan lagi," ujarnya.

Pantauan di lapangan, terlihat beberapa anggota Yonif 134/Raider bersiap-siap untuk mendapatkan giliran menembak. Sementara terlihat juga beberapa prajurit yang tersenyum sumringah melihat hasil perolehan nilai menembak di papan pengumuman.

Lomba Pleton Tangkas Semester II ini terdiri dari beberapa cabang lomba, diantaranya lomba menembak, renang militer, navigasi darat, lari 3.200 meter dan 'How to Find Fighter. Perlombaan ini diikuti oleh personel dari Tanjungbalai Karimun, Tanjungpinang dan Batam. 

Lomba antar pleton tersebut dilaksanakan sejak Senin kemarin dan materi yang dilombakan yakni lari dan renang. Diikuti hari Selasa dengan lomba navigasi darat.

"Ada beberapa kategori dalam Lomba Semester II yang dilaksanakan sejak Senin kemarin. Hari ini ada dua tempat lomba, kalau lomba nembak di sini dan di Piayu lomba HTF. Besok ditukar, yang di sini ke Piayu lomba HTF dan sebaliknya yang di Piayu ke sini lomba tembak," jelas Ucu Yustiana.

Editor: Dardani