Kabut Asap Ganggu Intensitas Penerbangan dari Hang Nadim ke Sumatera
Oleh : Hadli
Selasa | 20-10-2015 | 12:43 WIB
suwarso-baru....jpg
Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso.

BATAMTODAY.COM, Batam - Wilayah Pekanbaru dan Jambi masih dikepung kabut asap akibat kebakaran hutan. Akibatnya, penerbangan dari Bandara Hang Nadim Batam masih terganggu.

Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan, laporan yang diterima pihaknya pagi Selasa (20/10/2015) ini jarak pandang di Pekanbaru hanya 700 meter. 

"Tiga jadwal tujuan Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru oleh maskapai Lion Air JT-237, JT-235 dan Citilink QG932 hingga saat ini masih tertunda menunggu cuaca membaik, demikian sebaliknya juga belum bisa terbang," ujarnya. 

Untuk tujuan ke Jambi yang dibatalkan diantaranya penerbangan dengan maskapai Nam Air dan Lion Air. "Pembatalan penerbangan ini sudah lama. Untuk Batam sebenarnya tidak ada masalah. Namun karena bandara-bandara di Sumatera daratan masih terselimuti asap, jadi jadwal dari Batam juga terganggu," kata dia. 

Selain dua wilayah tujuan mengalami gangguan, penerbangan lainnya dari  Medan, Palembang dan Padang ke Batam juga mengalami hal yang serupa akibat kabut asap. 

Terpisah, Kepala BMKG Hang Nadim Batam, Philip Mustamu mengatakan pada pagi dan sore hari wilayah Batam masih sering diselimuti asap kiriman dari kebakaran hutan di Sumatera daratan. "Namun secara umum jarak pandang masih memungkinkan untuk penerbangan dari Batam," tuturnya. 


Editor: Dodo