Awas! Ada Empat Komponen Zat Berbahaya dalam Kabut Asap
Oleh : Ahmad Rohmadi
Senin | 05-10-2015 | 11:44 WIB
kabut-asap-engku-putri.jpg
Kabut asap yang menyelimuti kawasan pemerintahan Batam di Engku Putri. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kabut asap akibat kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan yang merambah ke Kota Batam ternyata mengandung empat komponen zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana mengatakan keempat zat berbahaya yang terkandung didalam asap adalah karbon monoksida (CO), sulfur dioksida (SO2), nitrogen oksida (NOx) dan ozon.

Karbon monoksida, Cecep katakan sangat berbahaya karena dapat mengikat hemogoblin pada sel darah merah. Menurutnya hemogoblin mudah terikat pada monoksida dibanding dengan oksigen.

"Sedangkan pencemaran sulfur dioksida SO2 dapat menimbulkan iritasi sistim pernafasan," kata Tjetjep saat acara pembagian masker di SMPN 6 Batam, Senin (5/10/2015) .

Kemudian nitrogen oksida dan ozon ia jelaskan dapat menimbulkan peroxy Acetil Nitrates (PAN) yang menyebabkan pada iritasi mata yang membuat terasa pedih dan berair.

Tjetjep mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati menyikapi udara yang tidak sehat karena kiraman asap tersebut.

Sementara berdasarkan data dari Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Batam Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kota Batam pada pukul 20.00 WIB mencapai angka 235 PSI.

Editor: Dodo