Hendak Mudik, Penipu Pencaker Dicokok Polisi di Bandara Hang Nadim Batam
Oleh : Gabriel P. Sara
Jum'at | 02-10-2015 | 16:25 WIB
IMG_20151002_123559.jpg
Inilah Salma saat diperiksa polisi di Polsek Batuaji Batam. (Foto: Gabriel P. Sara)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kasus penipuan bermodus mengiming-imngi pekerjaan kembali terjadi di wilayah hukum Polsek Batuaji Batam. Kali ini, pelakunya adalah Salma (23).

Perempuan muda ini dilaporkan oleh tiga orang pancaker (pencari kerja) lantaran mencoba kabur setelah menipu memberikan kerjaan dengan membayar uang tunai sebesar Rp1 juta, Jumat (2/10/2015) sekitar pukul 14.00 WIB. Tiga korban penipuan itu adalah Dina, Tina dan Rida.

Dina, saat berada di Mapolsek Batuaji menceritakan, kejadian tersebut berawal sejak seminggu yang lalu. Saat itu, Salma menawarkan kerjaan kepada ketiga rekannya tersebut untuk bekerja di salah satu perusahaan di Batam dengan membayar uang Rp 1 juta untuk tiga orang.

Namun, setelah melakukan pembayaran dan menyerahkan surat lamaran kerja. Ketiga rekannya tersebut mendengarkan kabar kalau Salma hendak pulang ke kampung halamannya. Sementara, untuk kepastian kerjanya kapan, ketiga rekannya belum tahu pasti.

"Kami sudah kasi uangnya. Dan kata Salma, kami di panggil kemarin untuk kerja. Tapi, gak dipanggil-panggil. Gak tahunya dengar kabar dia mau pulang kampung. Dan hari ini dia pulang. Makanya, kami kejar dia ke Bandara Hang Nadim. Kami juga laporkan ke polisi yang ada di bandara itu," ujar Dina kepada pewarta.

Di Bandara Hang Nadim, kata Dina, bersama polisi, mareka mendapati Salma sudah chek in untuk terbang ke kampung halamannya di Medan. "Bersama barang-barang bawaan dia, kami sama polisi langsung bawa kesini (Polsek Batuaji, red). Kata polisi itu, karena kejadiannya disini (Batuaji), makanya di bawa kesini," jelasnya.

Di Polsek Batuaji, pihak polisi yang bertugas di ruang Sentral Pelayanan Kepolisian (SPK) langsung melakukan mediasi untuk menyelesaikan permasalahan.

"Diselesaikan secara kekeluargaan. Salma dan tiga korban bersepakat untuk berdamai dengan catatan pelaku mengembalikan uang ke tiga rekannya. Dan Salma juga menyesali perbuatannya dan dia juga berjanji untuk tidak mengulangi lagi," pungkas salah satu anggota polisi Polsek Batuaji.

Editor: Dardani