Banyak Pemilih Ganda, KPU Batam Pastikan Jumlah DPT Berkurang
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 01-10-2015 | 17:29 WIB
pilkada_serentak_2015.jpg
Ilustrasi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Karena banyaknya jumlah data pemilih ganda yang masuk Dafdtar Pemilih Sementara (DPS) serta pemilih yang sudah meninggal dunia masih dimasukkan ke dalam DPS. Maka, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan jumlah Daftar Pemiliha Tetap (DPT) akan berkurang dari DPS. Saat ini jumlah DPS yang tercatat di KPU Batam sebanyak 700.059 jiwa.

Ketua KPU Kota Batam, Agus Setiawan mengatakan, jumlah DPS akan berkurang ribuan mengingat banyaknya pemilih ganda. "Besok kita rapat pleno DPT di Amir Hotel, berapa jumlahnya akan kita umumkan. Tentu ada ribuan pemilih ganda dan diprediksi jumlah DPT akan berkurang dari jumlah DPS," kata Agus saat dihubungi BATAMTODAY.COM, Kamis (01/10/2015)

Menurutnya, nama-nama pemilih ganda tersebut dihapus pada saat penetapan DPT diumumkan. Sehingga dapat dipastikan jumlah DPT akan berkurang dari DPS sebelumnya. Jumlah ini nantinya masih bisa dapat berubah pada saat Daftar Pemilih Tambahan dibuka. "Usai penetapan DPT ini nantinya masuk tahapan Daftar Pemilih Tambahan," ujar Agus.

Lalu  masukan nomor e-KTP. "Setelah itu akan keluar nama, alamat, PPS, kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota. Tapi pastikan nomor KTP nya itu benar. Apabilah salah satu huruf hasilnya tidak akan keluar," pungkasnya.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui sudah atau belum terdaftarnya di DPT, sekarang bisa mengakses di henpon tanpa harus ke PPS. Dengan cara ketik http://data.kpu.go.id/dptmobile.php. 

Editor: Dardani