Kendaraan Roda Dua Dominasi Arus Mudik di Batam
Oleh : Hadli
Kamis | 24-09-2015 | 11:14 WIB
asdp_edit.jpg
Kegiatan arus mudik di Pelabuhan Roro Telaga Punggur Batam. (Foto : Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Momentum hari raya Idul Adha 1436 hijriah dimanfaatkan sebagian warga Batam berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Juga, bagi mereka yang memiliki sanak famili dam masih berada wilayah Kepulauan Riau. Apalagi, hari raya Idul Fitri adalah libur nasional. 

Rabu (23/9/2015) sore atau H-1 hari raya kurban 2015, terpantau masyarakat Bintan dan Tanjung Pinang yang bekerja di Batam memanfaatkan sarana dan prasarana Pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Telaga Punggur untuk dapat menyeberang ke Tanjung Uban. 

"Ada peningkatan dibanding hari biasa. Dimulai sejak sore ini kepadatan mulai terjadi, tapi tidak seperti hari raya Idul Fitri," kata Direktur Operasional Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry Cabang Batam, Tohirin kepada kepada BATAMTODAY.COM. 

Kendaraan yang menyeberang ke Tanjung Uban didominasi oleh pengendara roda dua. Sebanyak  dua kapal roro (roll on roll off) yang dioperasikan Pelabuhan ASDP Telaga Punggur, Batam untuk rute tersebut. 

"Sampai saat ini memang tidak ada penamabahan kapal. Karena, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, dua kapal sudah cukup untuk melayani rute Batam ke Tanjung Uban maupun sebeliknya," tutur dia. 

Selain tidak ada penambahan kapal dalam memuntum hari raya Idul Adha, ASDP Telaga Punggur juga tidak menmabah Jadwal keberangkatan. Namun demikian, tambahnya, pihaknya akan tetap melayani masyarakat yang akan menyerang. 

"Keberangkatan terkhir tetap sampai pukul 18.00 WIB dari Batam dan sebaliknya dari Tanjung Uban ke Batam," tutupnya.

Editor: Dardani