Lagi, Pesawat Tempur TNI AU Usir Pesawat Asing Penyusup
Oleh : Hadli
Senin | 21-09-2015 | 15:10 WIB
sukhoi_hn.jpg
Pesawat tempur TNI AU saat landing di Bandara Hang Nadim Batam. (Foto : Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua pesawat tempur milik TNI AU jenis Sukhoi kembali mengusir pesawat asing yang menyusup memasuki wilayah udara  Indonesia bagian barat tanpa izin, Senin (21/9/2015) pagi. 

"Satu pesawat jenis jet masuk sisi utara Provinsi Kepri, langsung dilakukan pengejaran oleh dua Sukhoi yang berada di Hang Nadim," ujar Komandan Lanud Tanjungpinang Letkol Pnb, I Ketut Wahyu Wijaya di Hang Nadim Batam. 

Pesawat jet asing yang masuk di wilayah Kepri tidak dipaksa turun di Hang Nadim, karena pesawat itu langsung keluar dari teritorial NKRI. 
"Kalau mereka mau kerjasama, cukup  diusir aja. Tapi tetap menunggu perintah dari atas," kata dia.

Baca : Pesawat Tempur TNI AU Uber Pesawat Asing Masuk Udara Indonesia Tanpa Izin

Menurut I Ketut Wahyu Wijaya, saat ini TNI AU tengah menyiagakan empat Sukhoi jenis SU-27 dan SU-30 di Hang Nadim Batam untuk operasi rutin wilayah udara NKRI. Penambahan akan dilakukan sesuai kebutuhan pengamanan wilayah udara NKRI. 

Berdasarkan Annex 11 (Air Traffic Services), penyerahan pengaturan wilayah udara semata-mata untuk keselamatan penerbangan. Kedaulantambahnya, harus tetap dijaga. 

"Makanya ketika ada pelanggaran wilayah udara harus tetap diambil tindakan. Tapi saat ini merupakan masa damai, konflik tidak ada terjadi dengan pihak manapun," tuturnya. 

Editor: Dardani