Bentrokan Warnai Penggusuran Ruli di Samping Edukits
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 01-09-2015 | 11:01 WIB
ruli-edukits-rusuh.jpg
Suasana mencekam mewarnai penggusuran ruli di samping Edukits.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kisruh penggusuran ruli di RW 16, Baloi Kolam, samping Edukits, Batam, akhirnya berujung bentrok. Perusahaan yang menurunkan ratusan orang yang juga diback up Ditpam BP Batam secara paksa merobohkan rumah warga yang dibangun di atas perbukitan dekat Simpang Jam, Selasa (1/9/2015) pagi.

Pantauan di lokasi, ratusan massa mulai merobohkan rumah yang mengarah ke jalan, sekitar pukul 09.50 WIB. Namun mereka sudah mulai berkumpul sejak pagi tadi. Mereka masuk melalui gerbang di seberang Perumahan Kembang Sari.

Proses perobohan rumah tersebut awalnya berjalan lancar dan tidak ada perlawanan dari warga yang tinggal, sehingga massa melanjutkan merobohkan rumah ke atas bukit sambil memegang kayu.

Begitu massa tiba di atas bukit, salah seorang warga yang tinggal di lokasi tiba-tiba datang dan menyerang salah satu petugas Ditpam BP Batam. Petugas tersebut berusaha kabur dan serangan balasan dari warga dimulai.

Massa kemudian kocar kacir begitu warga mulai menyerang sambil menggunakan panah, sehingga penggusuran yang dilakukan perusahaan terhenti.

Bentrok tersebut berlangsung tidak begitu lama, karena massa langsung kabur saat diserang warga. Ditambah aparat kepolisian yang datang langsung mencoba menenangkan suasana di lokasi.

Massa yang berjumlah ratusan tersebut, mengikatkan pita di tubuhnya sebagai tanda pengenal. Sebagian massa tersebut tampak mengenakan seragam Wanra.

Editor: Dodo