Ratusan Polisi Jaga Ketat Aksi Damai Buruh di Batam
Oleh : Ahmad Rohmadi
Selasa | 01-09-2015 | 10:27 WIB
unras-buruh-sept.jpg
Buruh mulai berorasi di depan Kantor Wali Kota Batam, Selasa pgi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan personel kepolisian dari Polresta Barelang dan Polda Kepri menjaga ketat aksi damai unjuk rasa para buruh di depan kantor Wali Kota Batam, Selasa (1/9/2015).

Dengan satu unit mobil komando para buruh dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) mulai padati Jalan Engku Putri dengan membawa sejumlah tuntutan.

Adapun beberapa poin yang dituntut oleh buruh diantaranya memina pemerintah untuk mematalkan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) beserta peraturannya.

Menolak isi PP No.45 tahun 2015 tentang jaminan pensiun, agar manfaat pensiun pada tahun 2030 memberikan kehidupan yang layak.

"Segera perbaiki layanan BPJS Kesehatan, masyarakat sudah sekarat masih disuruh minta rujukan," kata Ketua SPSI Batam Syaiful Badri dalam orasinya.

Tuntutan lainnya, para buruh meminta pemerintah untuk segera menurunkan harga sembako dan mendesak pemerintah untuk membuat UU pengendalian harga. Selain itu para buruh juga meminta pemerintah untuk menghapuskan outsorcing dan menolak upah murah.

Pantauan BATAMTODAY.COM hingga  pukul 10.10 WIB para buruh masih terus berdatangan, rombongan dari Faderasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) juga sudah mulai bergabung.

Editor: Dodo