Pjs Wali Kota Andi Agung Harapkan Pemerintah Batam 2024-2029 Punya Solusi Atasi Banjir
Oleh : Aldy
Selasa | 15-10-2024 | 10:04 WIB
pasir-putih.jpg
Banjir di Kawasan Pasir Putih, Batam Center, Kota Batam, Senin (14/10/2024). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan deras yang mengguyur Batam pada Senin (14/10/2024) pagi kembali menyebabkan banjir di sejumlah titik rawan di kota ini.

Beberapa pemukiman warga dan ruas jalan utama tergenang air, membuat banjir menjadi pemandangan umum di Batam setiap kali hujan turun.

Lokasi-lokasi yang sering terdampak banjir meliputi:

  1. Simpang Seruni (depan Ex. RM Pak Datuk)
  2. Simpang Kepri Mall
  3. Simpang Helm/Tunas Batam Centre
  4. Simpang Panbil
  5. Jalan depan RS Harapan Bunda
  6. Jalan Duyung (arah Polsek Batu Ampar)
  7. Kawasan Mondial
  8. Bengkong Indah/Swadebi
  9. Tembesi Tower
  10. Jalan depan Samsat/Gedung Bersama Pemko Batam

Menanggapi situasi tersebut, Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Andi Agung, langsung turun ke lapangan untuk meninjau sejumlah titik banjir. "Saat hujan deras itu, saya langsung meninjau beberapa lokasi, termasuk Simpang Kepri Mall dan Tembesi. Banjirnya cukup parah," ujar Andi Agung, usai melakukan peninjauan.

Langkah Awal: Normalisasi Drainase

Andi menegaskan, langkah awal yang perlu segera dilakukan adalah normalisasi drainase, termasuk pengerukan gorong-gorong dan selokan yang tersumbat. "Saya sudah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga untuk segera melakukan normalisasi drainase. Ini adalah langkah awal yang harus dilakukan," jelas Andi.

Namun, ia juga menekankan, untuk solusi jangka panjang, perbaikan dan pembangunan sistem drainase memerlukan waktu dan anggaran yang harus melalui mekanisme tertentu.

Gotong Royong Bersama untuk Atasi Banjir

Selain normalisasi drainase, Andi juga mengimbau pemerintah setempat dari tingkat kecamatan hingga kelurahan untuk melakukan gotong royong membersihkan saluran air yang tersumbat. Ia berencana melibatkan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Batam untuk turut serta dalam kegiatan ini.

"Kami akan mengadakan rapat koordinasi untuk membahas teknis pelaksanaannya. Harapannya, rapat bisa dilakukan segera, agar langkah penanganan di lapangan bisa lebih jelas dan efektif," ungkap Andi Agung.

Harapan untuk Solusi Jangka Panjang
Andi juga menekankan, masalah banjir ini harus menjadi perhatian serius semua pihak. Ia berharap pemerintah Batam ke depannya bisa menemukan solusi sistematis untuk mengatasi permasalahan banjir yang kerap menghantui warga setiap musim hujan.

"Ini perlu kerja sama semua pihak. Kita berharap pemerintah Batam dapat memiliki solusi yang tepat agar banjir tidak lagi menjadi masalah berkepanjangan," tutupnya.

Banjir yang berulang di Batam terus menjadi tantangan yang memerlukan perhatian serius, dan langkah-langkah yang tepat diharapkan dapat segera dilakukan untuk meringankan beban masyarakat.

Editor: Gokli