Accor Group Gelar Karnaval Batik, Ibis Styles Nagoya Batam Gandeng UMKM Lokal
Oleh : Aldy
Kamis | 03-10-2024 | 09:24 WIB
Ibis-Style.jpg
Ibis Styles Nagoya Batam berkomitmen mempromosikan Batik sebagai bagian dari kekayaan budaya Kepulauan Riau. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober, Accor Group, jaringan perhotelan global terkemuka, menyelenggarakan Karnaval Batik Indonesia di lebih dari 30 destinasi di seluruh negeri.

Acara ini bertujuan melestarikan dan menghormati tradisi Batik sebagai warisan budaya Indonesia. Beragam kegiatan bertema Batik akan diadakan sepanjang bulan Oktober, mulai dari peragaan busana, lokakarya, hingga pameran yang menampilkan produk Batik dari usaha kecil dan menengah (UMKM) lokal.

Salah satu hotel yang turut berpartisipasi adalah Ibis Styles Nagoya Batam. Bekerja sama dengan UMKM lokal, Rumah Batik Pak Long yang dimiliki oleh Sugeng Widodo, hotel ini memperkenalkan kain Batik dengan motif khas Batam, seperti Jembatan Barelang, Gonggong, dan Ikan Merlin --ikon Kota Batam. Melalui kerja sama ini, Ibis Styles Nagoya Batam berkomitmen mempromosikan Batik sebagai bagian dari kekayaan budaya Kepulauan Riau.

Acara ini menampilkan koleksi Batik dari Rumah Batik Pak Long, serta berbagai kegiatan interaktif seperti membatik yang mengundang partisipasi masyarakat dan awak media. Para tamu hotel juga dapat menikmati sajian kuliner bertema Batik dan menerima suvenir eksklusif berupa travel pouch bermotif Batik.

Garth Simmons, Chief Operating Officer Accor untuk Asia, mengungkapkan kebanggaannya atas inisiatif ini. "Kami antusias merayakan warisan budaya Indonesia yang kaya melalui Karnaval Batik. Ini tidak hanya menghormati seni Batik, tetapi juga menghubungkan tradisi dengan pengalaman kontemporer, serta mendukung UMKM lokal," ujarnya, Rabu (2/10/2024).

Sementara itu, Sugeng Widodo menyatakan apresiasinya atas kolaborasi dengan Ibis Styles Nagoya Batam. "Ini adalah kesempatan yang langka bagi UMKM untuk memamerkan karya anak bangsa dan memberikan edukasi tentang Batik," kata Sugeng.

Ia juga menjelaskan berbagai jenis Batik, mulai dari Batik tulis hingga Batik abstrak, serta pentingnya memahami keaslian Batik.

Publik diundang untuk berpartisipasi dalam perayaan ini, baik secara langsung maupun online melalui tagar #KarnavALLBatikIndonesia2024.

Editor: Gokli