Masjid Istiqomah Batam Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 17-09-2024 | 08:08 WIB
1709_MASJID-ISTIQOMAH_0239E8787.jpg
KH. Deden Sirajudin, S.Pd.I saat menyampaikan ceramahnya di Masjid Istiqomah Nusa Jaya Sei Panas, Batam. (Foto: Saibansah/J5NEWSROOM.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengurus Masjid Istiqomah Nusa Jaya Sei Panas, Batam, menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah, Senin (16/9/2024).

Maulid kali ini menghadirkan KH. Deden Sirajudin, S.Pd.I, sebagai penceramah, yang membawakan tausiah mengenai perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW dari kelahiran hingga wafat pada usia 63 tahun di Madinah.

Dalam ceramahnya, KH. Deden mengingatkan pentingnya tiga wasiat yang disampaikan Nabi Muhammad SAW sebelum wafat, yakni menjaga salat, menjaga wanita, dan menjaga umat. "Ketika ruh Rasulullah sudah mencapai dada, beliau memanggil Fatimah dan Ali, lalu menyampaikan tiga pesan penting tersebut," jelas KH. Deden.

Beliau juga menekankan pentingnya salat sebagai tiang agama. "Amal jariah, haji, dan puasa tidak akan berarti jika kita meninggalkan salat," tegasnya.

Menurut KH. Deden, jawaban atas pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir di dalam kubur semuanya terkait dengan salat. "Saat ditanya siapa Tuhanmu, tangan kita akan menjawab, sebagaimana dalam salat ketika kita takbiratul ikhrom," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Istiqomah Sei Panas, Saparin, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan dalam suksesnya acara ini. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan peringatan Maulid Nabi dengan baik.

"Saya dapat bocoran, jamaah juga disediakan makan siang dengan menu gulai kambing, sebagai bentuk kebersamaan dalam acara ini," ujar Saparin.

Peringatan Maulid Nabi ini dibuka dengan pembacaan puji-pujian sholawat oleh para santri Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Masjid Istiqomah, yang dipimpin oleh Ustadz Adi Supriyadi dan Ustadz Aryo Putra Rahmanda. Jamaah yang hadir tampak khusyuk mengikuti rangkaian acara sebagai bentuk kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Editor: Dardani