Penutupan Semarak Museum di Hatiku

Pj Ketua TP PKK Tanjungpinang Apresiasi Peran Edukatif Museum SSBA
Oleh : Devi Handiani
Rabu | 11-09-2024 | 18:04 WIB
Juara-Museum-Dihatiku1.jpg
Pj. Ketua TP PKK Tanjungpinang Efa Sri Nurlatifa Khifayana menyerahkan hadiah kepada juara Museum Dihatiku. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kegiatan Semarak Museum di Hatiku secara resmi ditutup di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah (SSBA) Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (11/9/2024).

Acara penutupan dihadiri Penjabat (Pj.) Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Efa Sri Nurlatifa Khifayana, yang turut menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba.

Dalam kesempatan tersebut, Efa Sri Nurlatifa Khifayana, memberikan apresiasi dan antusias para peserta yang telah berpartisipasi dalam mengenalkan sejarah kota Tanjungpinang kepada masyarakat luas. Menurutnya, kegiatan ini sangat edukatif dan efektif dalam mengasah kreativitas pelajar, mahasiswa, serta masyarakat.

"Museum ini bukan hanya tempat untuk menyimpan artefak, tetapi juga pusat edukasi sejarah, terutama bagi masyarakat Melayu dan Tanjungpinang. Museum memperkuat pemahaman kita tentang identitas budaya bangsa," ujar Efa.

Ia menambahkan, peran museum sebagai penjaga memori kolektif sangat penting, karena mampu menghubungkan sejarah masa lalu dengan masa kini, serta mendukung pengembangan wisata budaya yang edukatif dan menarik.

Salah satu peserta lomba vlog, Wahyu Hidayat, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak penyelenggara dan museum SSBA atas kesempatan yang diberikan untuk memperkenalkan sejarah Tanjungpinang kepada masyarakat luas.

"Sebagai anak muda, penting bagi kami untuk terus mengenal sejarah kota kita. Ini momen luar biasa bagi saya bisa mengikuti semarak museum di hariku," ujar Wahyu.

Dalam vlog berdurasi 1 hingga 2 jam yang diproduksinya, Wahyu menjelaskan secara rinci setiap ruangan di museum dan koleksi-koleksinya.

"Dari video yang saya buat, saya berharap wisatawan maupun warga lokal Tanjungpinang bisa lebih meramaikan dan mengenal sejarah yang ada di kota kita, terutama yang ada di SSBA ini," tambah Wahyu.

Editor: Yudha