Pemko Batam Gelar Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Tahun 2024
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 04-09-2024 | 20:04 WIB
Jefridin1114.jpg
Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota Batam melalui Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama secara resmi mengumumkan pembukaan seleksi terbuka untuk mengisi sejumlah posisi strategis di lingkungan Pemerintah Kota Batam pada tahun 2024.

Pengumuman ini dibuat berdasarkan Pengumuman Nomor: 2.1/PANSEL-JPTP/BTM/08/2024, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan dan pelayanan publik di Kota Batam.

"Proses seleksi ini dilakukan untuk memastikan jabatan-jabatan penting di lingkungan pemerintah diisi oleh individu yang berkompeten, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara," tegas Jefridin selaku Ketua Panitia Seleksi JPT Pratama, Rabu (4/9/2024).

Adapun jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang akan diisi melalui seleksi terbuka ini antara lain Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, serta Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik.

Seleksi terbuka ini diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi persyaratan umum dan khusus yang telah ditetapkan. Beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh pelamar di antaranya adalah memiliki kualifikasi pendidikan minimal Strata 1 (S1) atau Diploma IV, pengalaman jabatan yang relevan, serta usia maksimal 56 tahun.

Selain itu, pelamar juga harus memiliki rekam jejak yang baik serta memenuhi kriteria kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural sesuai dengan standar kompetensi jabatan. Proses pendaftaran akan dimulai pada tanggal 2 hingga 16 September 2024, dan akan dilanjutkan dengan tahap seleksi administrasi.

Selanjutnya, peserta yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti tahap assessment, penulisan makalah, presentasi makalah, hingga wawancara akhir. Hasil akhir dari seleksi ini dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 26 September 2024.

Panitia Seleksi menegaskan bahwa seluruh proses seleksi ini dilakukan dengan penuh transparansi dan integritas.

"Peserta tidak dikenakan biaya apapun dalam mengikuti seleksi ini. Peserta diharapkan memberikan data yang akurat, karena Panitia Seleksi berhak membatalkan hasil seleksi jika ditemukan ketidaksesuaian data yang diberikan," ungkap Jefridin.

Berkas administrasi dapat disampaikan kepada Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama melalui https://s.id/Seleksi Terbuka4JPT. Atau informasi lebih lanjut mengenai seleksi ini dapat diakses melalui website resmi BKPSDM Kota Batam di https://bkpsdm.batam.go.id, atau menghubungi Tri Eka Jauhari di nomor HP. 0811700021.

Editor: Yudha