PDIP Segera Umumkan Calon Kepala Daerah yang Diusung di Pilkada 2024
Oleh : Redaksi
Senin | 12-08-2024 | 09:52 WIB
1208_SEKJEN-PDIP-HASTO_09383488.jpg
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/8/2024) (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PDIP akan segera mengumumkan rekomendasi nama calon kepala daerah yang akan diusung dalam Pilkada 2024. Tahap pertama pengumuman akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Ya sudah cukup banyak (rekomendasi calon kepala daerah) bahkan nanti hari Minggu juga akan dilanjutkan dan direncanakan PDI Perjuangan akan segera mengumumkan tahap pertama, waktunya akan menyesuaikan dengan jadwal dari Ibu Megawati Soekarnoputri, Mas Prananda dan Mbak Puan Maharani, sehingga gelombang pertama pengumuman calon kepala daerah ini akan segera dilakukan," kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/8/2024).

Hasto mengatakan sejumlah daerah masih dalam pendalaman. Daerah tersebut di antaranya, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Jawa Tengah.

"Tentu saja beberapa wilayah-wilayah yang sudah siap dan yang sudah mengikuti pelatihan tim pemenangan pada batch pertama hingga keempat. Beberapa wilayah yang masih didalami itu adalah daerah Jakarta, kemudian Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Jawa Tengah, dan juga beberapa wilayah provinsi lainnya. Tetapi secara umum, untuk kabupaten/kota, itu sudah siap," ujarnya.

"Mengapa di provinsi itu belum diumumkan? Karena ada keterkaitan antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Misalnya di Riau kami bekerja sama dengan PKB meskipun pemenang pemilu adalah dari PDI Perjuangan tetapi sebagai calon gubernur yang diusung adalah dari PKB," lanjutnya

Hasto mengungkapkan komunikasi dengan parpol lain sudah dilakukan. Dia menyebut kerja sama yang paling banyak dilakukan bersama Partai Hanura.

"Sehingga kami juga melakukan komunikasi yang sama untuk daerah-daerah lain, baik itu dengan Golkar, Gerindra, PKB, PAN, PPP, Perindo, dan juga Partai Hanura. Banyak kerja sama dengan Hanura yang dilakukan di wilayah-wilayah yang merupakan basis PDI Perjuangan. Jadi tunggu momentumnya ditargetkan gelombang pertama akan segera diumumkan," imbuhnya.

Juru bicara PDIP Cyril Raoul Hakim atau Chico Hakim mengungkap bahwa partainya sudah menyiapkan sejumlah kader di di empat provinsi utama Pulau Jawa di Pilkada 2024. Keempat wilayah itu meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta, misalnya, Chico menyebut nama mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan Jenderal TNI Andika Perkasa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Nama-nama itu, kata dia, mampu membawa Jakarta lebih baik mengingat peralihan status daerah khusus ibu kota menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

"Mereka kami anggap mampu menjawab tantangan-tantangan secara khusus di Jakarta," ujarnya dalam pesan suara yang diterima Tempo, Selasa, 18 Juni 2024.

Lebih lanjut, Chico menyampaikan bahwa Menteri Sosial Tri Rismaharini menjadi salah satu nama yang unggul untuk dicalonkan di Pilgub Jatim. Risma, sambung Chico, dapat saja dipasangkan dengan tokoh-tokoh dari partai lain yang juga memiliki komitmen yang sama di provinsi itu.

Kemudian, Chico menerangkan bahwa sejumlah nama yang mencuat untuk maju di Pilgub Jateng di antaranya Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi alias Hendi, mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, dan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Berkenaan dengan Pilgub Jabar, Chico menyebut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jabar Ono Surono menjadi jagoan utama partainya. Berpindah ke Indonesia bagian Timur (NTT), PDIP menunjuk Ansy Lema menjadi bakal calon gubernur.

"Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Prof. Dr(HC) Megawati Soekarnoputri telah mengambil keputusan menetapkan saudara Ansy Lema sebagai calon gubernur NTT yang diusung oleh PDI Perjuangan," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat Rapat Kerja Daerah DPD PDIP Nusa Tenggara Timur di Kupang, Rabu, 10 Juli 2024, dikutip dari Antara.

Untuk di Nusa Tenggara Barat atau NTB, PDIP mendukung duet mantan Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalilah dan Bupati Sumbawa Barat Musyafirin. "Untuk Pilkada gubernur dan wakil gubernur sudah final mengusung pasangan Sitti Rohmi Djalilah dan Musyafirin," ujar Wakil Ketua DPD PDIP NTB, Ruslan Turmudzi di Kantor DPD PDIP di Mataram, Senin, 20 Mei 2024, dikutip dari Antara.

Adapun di Banten, PDIP bakal mengusung pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi. Sekretaris DPD PDIP Provinsi Banten Asep Rahmatullah, di Serang, Banten, Senin, mengungkapkan sampai saat ini masih terus berkomunikasi untuk mengusung pasangan Airin-Ade di Pilkada Banten 2024.

"Sampai sekarang kita benar usung Airin-Ade, kan selalu saya sampaikan," katanya, Senin, 5 Agustus 2024.

Tak hanya di pemilihan gubernur, PDIP menetapkan sejumlah kader terbaiknya di pemilihan bupati Pilkada 2024. Misalnya, PDIP menunjuk Mohan Roliskana sebagai sosok bakal calon wali kota Mataram, NTB.

Penunjukan tersebut ditandai dengan penyerahan surat tugas dari DPP PDIP oleh Ketua DPD PDIP NTB, Rachmat Hidayat di Kantor DPD PDIP di Mataram, Kamis, 18 Juli 2024.

Editor: Surya