MANIPOL Rilis New Single 'Alasan Kosong'
Oleh : Redaksi
Kamis | 01-08-2024 | 11:44 WIB
alasan-kosong.jpg
MANIPOL rilis new single 'Alasan Kosong'. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - MANIPOL, band indie bergenre Alternative Rock yang terbentuk 6 tahun lalu di Bekasi. Beranggotakan Martin (Vokal, Guitar) Ricky (Bass) Sandy (Drum).

Saat itu sedang terjadi pandemi besar Covid-19. Mereka bertiga membentuk sebuah band bernama MexicanSeafood.

Di tahun 2022, Sandy mengundurkan diri karena memilih fokus dengan usaha yang dijalaninya sehingga tidak bisa terus bergabung di MexicanSeafood. Selang beberapa bulan kemudian, MexicanSeafood harus ditinggalkan juga oleh Ricky (Bassist) karena harus menjalani pekerjaan di luar negeri. Dengan sisa personil 1 orang, Martin mencari cara agar MexicanSeafood tetap berjalan dan berkarya. Pada akhir tahun 2023, Gani (Drum) Denny (Bass) Agung (Gitar, Backing Vokal) bergabung. Mereka berempat mulai rekaman di bulan Januari 2024.

Lewat formasi yang baru, mereka bergabung di Heavy Rain Records, sebuah label independen yang juga menaungi The Rain dan Private Number. Dan dengan kesepakatan berempat, kuartet ini berganti nama dari MexicanSeafood menjadi MANIPOL.

"Kita pernah ada masa kebingungan untuk menentukan nama baru untuk band ini. Nama Manipol sendiri tercetus begitu aja di pikiran gue. Diambil dari spare part motor yang namanya 'manifold'. Sebenarnya enggak ada arti apa-apa, cuma gue merasa nama itu cukup catchy dan setau gue 'manifold' itu adalah salah satu komponen penting dalam mesin kendaraan bermotor," jelas Martin, tentang perubahan nama band ini, dalam keterangan pers, Kamis (1/8/2024).

Di bawah naungan Heavy Rain Records, MANIPOL merilis single perdana berjudul 'Alasan Kosong' yang diciptakan oleh Martin, sang vokalis. Lagu ini menceritakan tentang seseorang dalam kondisi keterpurukannya selalu ber 'Alasan Kosong' dan tidak pernah berpikir untuk menyelesaikannya di mana pada akhirnya dia terjatuh dengan egonya yang tinggi. Dan 'Alasan Kosong' pun menjadi senjata bagi dirinya sendiri.

"Lagu ini sebenarnya gue ciptakan saat Manipol masih dengan formasi yang lama. Saat itu lagu ini belum ada judulnya. jadi lagu lama gue yang akhirnya gue olah lagi bersama personil Manipol yang sekarang. Di awal tahun 2024, kita memberanikan diri untuk recording di Studio 20 milik Aang The Rain dan disitu gue menggaet Iwan The Rain sebagai Music Director. Kita sempat bingung bagaimana merilis lagu ini dan akhirnya kita banyak diskusi dengan Indra The Rain, yang akhirnya Manipol memutuskan mengeluarkan karya ini dibawah naungan label mereka," ujar Martin.

Saat ini lagu 'Alasan Kosong' sudah bisa didengarkan seluruh Music Digital Platform dan Official Lyric Video-nya sudah bisa di tonton di YouTube MANIPOL MUSIC.

Editor: Gokli