Gubernur Ansar Serahkan Bantuan Sebesar Rp 837,7 Juta Untuk Desa Cempa Lingga
Oleh : Redaksi
Jumat | 19-07-2024 | 16:04 WIB
Gubernur-Lingga.jpg
Kunjungan Kerja Gubernur Ansar Ahmad ke Desa Cempa, Kecamatan Bakung Serumpun. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Di hari terakhir pada rangkaian kunjungan kerjanya di Kabupaten Lingga, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad melakukan kunjungan ke Desa Cempa, Kecamatan Bakung Serumpun. Kunjungan ini bertujuan untuk menyerahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sekaligus menjalin silahturahmi dengan masyarakat setempat.

Penyerahan bantuan ini dilaksanakan pada Kamis (18/7/2024), di dekat Pelabuhan Panggung Serba Guna Cempa, Kecamatan Bakung Serumpun, Kabupaten Lingga. Total anggaran bantuan yang diserahkan mencapai Rp 837,7 juta.

Gubernur Ansar Ahmad dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat. "Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat Desa Cempa, serta mendorong peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan di daerah ini," ujar Gubernur Ansar.

Bantuan yang diserahkan oleh Gubernur Ansar di Desa Cempa meliputi penyerahan insentif kepada Guru Paud, RA dan TK untuk 33 orang senilai Rp 39,6 juta, dengan masing-masing menerima Rp 1,2 juta. Bantuan sosial kesejahteraan keluarga Desa Cempa juga diberikan untuk 45 orang penerima.

Selain itu, bantuan pembangunan fasilitas umum meliputi pembangunan jalan lingkungan permukiman Pulau Cempa senilai Rp 590 juta dan pembangunan pagar kuburan permukiman Pulau Cempa senilai Rp 170 juta. Bantuan alat olahraga juga disalurkan kepada satu penerima berupa satu paket alat olahraga.

Gubernur Ansar juga menyalurkan bantuan kepada lembaga dan masyarakat setempat, meliputi satu LPM dengan bantuan Rp 5 juta, satu Kades dengan bantuan Rp 6 juta dan satu BPD dengan Rp 8 juta. Selain itu, lima RT menerima bantuan sebesar Rp 7,5 juta, dua RW menerima Rp 3 juta dan satu Posyandu mendapatkan bantuan Rp 5 juta. Insentif juga diberikan kepada Tim Pendamping Keluarga (TPK) dengan total Rp 3,6 juta untuk tiga orang.

Selain penyerahan bantuan, kegiatan ini juga menjadi ajang silahturahmi antara pemerintah dengan masyarakat setempat. Dalam kesempatan tersebut juga, Gubernur Ansar tak lupa menyampaikan beberapa program strategis unggulan yang telah ia gesa.

Seperti pembangunan rumah singga di Batam dan Jakarta, Pembangunan RSJKO di Tanjung Uban, beasiswa bagi mahasiswa dengan berbasis aplikasi, hingga program bantuan modal UMKM dengan bunga 0 persen. Khusus di Lingga, sudah disediakan juga dua unit ambulance laut, untuk memaksimalkan performa layanan kesehatan, keperluan rujukan masyarakat Lingga.

"Semua program tersebut kami persembahkan untuk masyarakat. Wajib bagi kami untuk menyebarluaskan informasi ini agar sampai ke seluruh lapisan masyarakat," pungkasnya.

Asep Saipudin Kepala Desa Cempa menyambut baik kunjungan ini dan menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

"Kami sangat mengapresiasi kepedulian Gubernur Ansar dan pemerintah provinsi. Semoga bantuan ini dapat membawa manfaat besar bagi kami," ujarnya.

Kunjungan kerja Gubernur Ansar Ahmad di Kabupaten Lingga selama beberapa hari terakhir ini menunjukkan komitmen Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dalam mendukung pembangunan di daerah-daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kepulauan Riau.

Editor: Yudha