Tingkat Pengangguran Indonesia Tertinggi di ASEAN
Oleh : Redaksi
Jumat | 19-07-2024 | 19:44 WIB
seleksi-pencaker-191.jpg
Ilustrasi pencari kerja. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dana Moneter Internasional (IMF) melalui World Economic Outlook pada April 2024 mencatat tingkat pengangguran di Indonesia sebesar 5,2 persen tertinggi dibandingkan enam negara lain di Asia Tenggara yang ada di daftar.

Posisi ini tak berubah dari tahun lalu, tetapi angkanya lebih rendah yakni 5,3 persen.

Menyusul Indonesia, Filipina tahun ini berada di posisi kedua yakni 5,1 persen, disusul Brunei Darussalam yakni 4,9 persen, Malaysia 3,52 persen, Vietnam 2,1 persen, Singapura 1,9 persen, kemudian Thailand 1,1 persen.

Thailand turut menjadi negara dengan tingkat pengangguran terendah di dunia, mengalahkan Singapura, Jepang, bahkan Amerika Serikat (AS).

Di sisi lain, negara dengan tingkat pengangguran tertinggi dipegang oleh Sudah dengan angka 49,5 persen, disusul Afrika Selatan 33,5 persen, dan Georgia 15,7 persen.

IMF mendefinisikan tingkat pengangguran (unemployment rate) sebagai persentase angkatan kerja yang sedang mencari pekerjaan.

Untuk itu, penduduk usia produktif yang sedang tidak mencari kerja seperti mahasiswa, ibu rumah tangga, dan penduduk tanpa pekerjaan yang tidak lagi mencari kerja tidak masuk ke dalamnya.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha