Kunker ke Desa Benan Lingga, Ansar Serahkan Bantuan Senilai Rp 1,12 Miliar
Oleh : Redaksi
Selasa | 16-07-2024 | 19:44 WIB
Ansar-Desa-Benan1.jpg
Kunjungan Kerja Gubernur Kepulauan Riau ke Kabupaten Lingga. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Disambut hangat ratusan masyarakat Benan, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad mengawali kunjungan kerjanya ke Lingga dengan mengunjungi Pulau Eksotis di Pintu Masuk Kabupaten ini, Selasa (16/7/2024) pagi.

Direncanakan Gubernur Ansar akan berkeliling ke pulau-pulau dan desa-desa di Kabupaten Lingga dalam kunkernya selama 3 hari hingga Kamis, 18 Juli 2024 yang akan datang. Gubernur Ansar bersilaturahmi, menyampaikan program strategis yang ia gesa, serta menyerahkan berbagai macam bantuan Pemprov Kepri kepada masyarakat.

Benan, Pulau yang termasuk dalam Kecamatan Katang Bidare ini menerima hibah, bantuan, insentif, revitalisasi, serta pembangunan dari Pemprov Kepri senilai lebih kurang Rp 1,12 miliar. Gubernur Ansar menyerahkan secara langsung bantuan-bantuan tersebut secara simbolis.

Adapun rincian bantuan yang diserahkan antara lain hibah rumah ibadah senilai Rp 185 juta yang diperuntukkan bagi Masjid An Nur, Majelis Taklim An Nur, dan Surau Al-Hadis. Kemudian Insentif Guru PAUD (PAUD, RA, TK) senilai Rp 3,6 juta untuk 3 orang per tahun, serta Insentif Keagamaan untuk 27 orang senilai Rp 32,4 juta pertahun.

Selain itu diserahkan juga Bantuan Sosial Kesejahteraan Keluarga untuk 31 Penerima, Bantuan Iuran BPJS Ketenagakerjaan Bagi Masyarakat Kelautan dan Perikanan dengan total penerima 143 Orang senilai Rp 28,8 Juta, Bantuan Kawat Bubu 18 Kg dengan Total 10 Penerima senilai Rp11 Juta, serta Bantuan Pengembangan Usaha Budidaya Teripang dengan Total 38 Penerima senilai Rp 217,5Juta.

Di bidang pendidikan, Gubernur Ansar menyerahkan Bantuan Transportasi Laut Siswa SMA sebanyak 20 Siswa Penerima senilai Rp 20,9 Juta pada Tahun 2024, Bantuan Subsidi SPP Siswa SMA sebanyak 65 Siswa Penerima senilai Rp 19,5 Juta juga di Tahun 2024.

Kemudian Gubernur Ansar juga menyerahkan Bantuan 1 LPM senilai Rp 5 Juta, Bantuan 1 KADES senilai Rp6 Juta, Bantuan 1 BPD senilai Rp 8 Juta, Bantuan untuk 9 RT senilai 13,5 Juta, Bantuan untuk 5 RW senilai Rp 7,5 Juta, Bantuan 2 POSYANDU senilai Rp10 Juta, Insentif untuk Tim Pendamping Keluarga (TPK) sebanyak 3 Orang senilai Rp3,6 Juta, dan Bantuan 1 paket Alat Olahraga.

Sedangkan untuk kegiatan fisik, pada tahun 2024 Pemprov Kepri merevitalisasi Jalan Lingkungan Permukiman Desa Benan dengan anggaran Rp 560 Juta, dan membangun Jalan Lingkungan Permukiman Surau Al Hafis, dengan anggaran Rp 170 Juta.

Gubernur Ansar berharap berbagai bantuan yang diserahkan ini akan dapat memberikan manfaat nyata dan berkelanjutan bagi masyarakat Benan.

"Mudah-mudahan sedikit banyak dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Juga dapat memperkuat ikatan sosial di antara bapak ibu semua" harapnya.

Gubernur tak lupa menyampaikan beberapa program strategis unggulan yang ia gesa. Seperti pembangunan rumah singga di Batam dan Jakarta, Pembangunan RSJKO di Tanjung Uban, beasiswa bagi mahasiswa dengan berbasis aplikasi, hingga program bantuan modal UMKM dengan bunga 0 persen.

"Khusus di Lingga, kita sudah sediakan dua unit ambulance laut, untuk memaksimalkan performa layanan kesehatan, keperluan rujukan masyarakat Lingga. Semua program tersebut kami persembahkan untuk masyarakat. Wajib bagi kami untuk menyebarluaskan informasi ini agar sampai ke seluruh lapisan masyarakat" pungkasnya.

Dalam kunkernya kali ini Gubernur Ansar didampingi Tim Percepatan Pembangunan, Wakil Ketua I DPRD Lingga, Kepala BPJS TK Cabang Tanjungpinang, dan para Kepala OPD Pemprov Kepri. Hadir juga Camat Katang Bidare, Kades Benan, Ketua LAM dan Forkopimcam Kecamatan Katang Bidare.

Editor: Yudha