Menang Dramatis, Rinov/Pitha Lolos ke Final Malaysia Masters 2024
Oleh : Redaksi
Sabtu | 25-05-2024 | 18:44 WIB
Rinov-Rival1.jpg
Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. (PBSI)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari lolos ke final Malaysia Masters 2024 usai menang atas Mathias Christiansen/Alexandra Boje di semifinal di Axiata Arena, Sabtu (25/5/2024).

Rinov/Pitha menang 26-24, 14-21, 21-18 dalam 75 menit. Rinov/Pitha mengawali pertandingan dengan lambat. Kegagalan Pitha mengembalikan drive Boje membuat Indonesia tertinggal 0-2.

Setelah tertinggal 0-4, Rinov/Pitha mencoba mengejar ketinggalan. Smes menyilang Christiansen yang menyangkut di net membuat Rinov/Pitha meraih tiga poin beruntun guna mendekat dengan 3-4.

Reli panjang terjadi. Drive Pitha pun tidak bisa dikembalikan Boje. Rinov/Pitha menyamakan kedudukan jadi 8-8. Hanya saja, pada gim pertama ini baik Rinov maupun Pitha kerap salah dalam servis yang membuat Christiansen/Boje dapat poin dengan mudah.

Pengembalian Rinov yang terlalu panjang ke belakang membuat Christiansen/Boje unggul 11-10 pada interval gim pertama.

Backhand Boje yang menyangkut di net menjaga keunggulan Rinov/Pitha jadi 18-16. Akan tetapi, over head smash Rinov yang terlalu rendah membuat kok menyangkur di net, skor imbang 18-18.

Sejumlah kesalahan dibuat Rinov/Pitha pada poin-poin kritis. Duel sengit terjadi pada akhir-akhir pertandingan. Kedua pasangan silih berganti meraih game point dan menciptakan setting.

Setelah setting kelima, Rinov/Pitha menuntaskan gim pertama dengan keunggulan 26-24 usai backhand drive Christiansen terlalu melebar ke kanan.

Setelah unggul 7-2, Rinov/Pitha membuat banyak kesalahan beruntun pada gim kedua. Mulai dari pengembalian yang tanggung hingga pengembalian yang keluar lapangan.

Pitha gagal memanfaatkan kok yang sudah di depat net. Backhand Pitha menyangkut di net, Christiansen/Boje unggul 11-8 pada interval gim kedua.

Usai interval, giliran Christiansen yang membuat kesalahan, sehingga Rinov/Pitha mendekat dengan 11-12. Upaya Rinov/Pitha menyamakan kedudukan kandas setelah senar raket Rinov terputus.

Rinov sempat meminjam raket Pitha, sehingga Pitha mengganti raket baru. Namun bola yang ditempatkan Boje tidak bisa dikejar Rinov. Christiansen/Boje menjauh dengan 13-11.

Usai interval Christiansen/Boje makin percaya diri. Rinov/Pitha sempat mendekat 11-12, namun Christiansen/Boje terus menjauh sehingga unggul 21-14 pada gim kedua sekaligus memaksa rubber game.

Pada awal gim ketiga Rinov/Pitha kewalahan meladeni Christiansen/Boje. Kok yang ditempatkan Boje di depan Rinov/Pitha membuat pasangan Denmark unggul 2-1. Kondisi tersebut membuat Rinov kecewa dan memukulkan raketnya ke lapangan.

Rinov/Pitha mulai kedodoran di gim ketiga. Bola tanggung dari Pitha tidak disia-siakan Christiansen guna unggul jauh 10-5. Setelah tertinggal 10-15, Rinov/Pitha berbalik unggul 17-16.

Pengembalian Boje yang terlalu melebar ke kanan membuat Rinov/Pitha menang 21-18 pada gim ketiga. Kemenangan itu membuat Rinov/Pitha lolos ke final Malaysia Masters 2024.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha