TJK Power Edukasikan Teknologi Pembangkit Listrik Kepada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam
Oleh : Redaksi
Selasa | 21-05-2024 | 13:44 WIB
AR-BTD-3799-TJK-Poltek.jpg
Sebanyak 40 orang mahasiswa dari Universitas Politeknik Batam saat berkunjung ke PT TJK Power. (Foto: Humas PT TJK Power)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT TJK Power - Perusahaan penyedia tenaga listrik swasta berbahan bakar batubara di Batam mendapat kunjungan mahasiswa dari Politeknik Negeri Batam. Kedatangan dari 40 mahasiswa ini dalam rangka program Company Public Open Day yang digelar dalam rangka perkenalan dan gambaran mengenai cara kerja maupun sistem teknologi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di PLTU Tanjung Kasam Batam.

Direktur Pengembangan Bisnis dan Usaha PT TJK Power Ahmad Baihaqi Basyarah yang ikut serta dalam tur yang yang dilakukan di area pembangkit Perusahaan mengatakan, suatu kehormatan untuk kami membagikan pengetahuan tentang teknologi pembangkitan tenaga listrik kepada perguruan tinggi.

"Kami berharap berharap melalui kunjungan lapangan (company visit) ini mahasiswa mendapat gambaran praktis dalam proses pembangkitan listrik, mulai dari tahapan sumber energi hingga distribusi," ujar Ahmad Baihaqi Basyarah.

Secara operasional, lanjutnya, PLTU Tanjung Kasam yang berkapasitas 2x65 MW ini dikelola oleh PT TJK Power sejak tahun 2012 yang lalu. Didukung oleh tim dan karyawan yang solid, TJK Power terus menunjukkan kehandalan operasional dimana rata-rata berhasil memasok listrik di atas 85% (availabilityfactor/AF) kepada PT PLN Batam hingga saat ini.

Kunjungan ini sejalan dengan komitmen Perusahaan dalam peningkatan kualitas pendidikan di area operasional Perusahaan. Saat ini TJK Power memiliki 278 karyawan, dimana lebih dari 70%-nya berasal dari karyawan lokal dan putra daerah bahkan ada juga yang berasal dari Universitas Politeknik Batam.

"Kami menyadari bahwa dunia industri dan akademis adalah dua dunia yang saling membutuhkan. Kami berharap company visit ini dapat memberikan gambaran hingga nantinya melahirkan talenta-talenta yang dapat memberikan inovasi-inovasi baru yang dapat membantu industri serta mengembangkan teknologi di sektor pembangkitan tenaga listrik untuk mendukung dan mengawal pertumbuhan perekonomian di Batam," papar Baihaqi mengakhiri.

Editor: Dardani