Berawal dari Hobi, Amalia Rizky Hadirkan Kucing Rusia, Bisa Overadop dengan Mahar Bervariasi
Oleh : Aldy
Jumat | 01-03-2024 | 12:04 WIB
bos-kucing.jpg
Amalia Rizky, Owner Sinergy Cattery, saat mengikuti pameran kucing di Harbour Bay, Batu Ampar, Kota Batam, Kamis (29/2/2024). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Amalia Rizky, seorang perempuan di Kota Batam, yang suka memelihara kucing sejak kecil, tak menyangka bakal mendapatkan cuan yang luar biasa dari hobbinya itu.

Kecintaanya terhadap hewan lucu dan menggemaskan itu, kini menjadi ladang cuan ketika dipadukan dengan bisnis. Amalia pun akhirnya telah memiliki usaha sendiri yang diberinama Sinergy Cattery.

"Dari kecil saya suka pelihara kucing, dengan perkembangan zaman, banyak jenis kucing dari berbagai negara ada di sini, dan semua lucu. Hal itu membuat saya semakin tertarik untuk memelihara hewan lucu ini," kata Amalia, saat ditemui dalam pameran di kawasan Harbour Bay, Kamis (29/2/2024) malam.

Amalia menjelaskan, sejak 3 tahun lalu, dia sudah mulai mensejalankan hobinya dengan bisnis. Dan ternyata, ia mendapati bahwa banyak sekali pencinta dan penyayang hewan kucing, baik dari kawasan Provinsi Kepri dan Batam khususnya, termasuk juga dari Jakarta dan Surabaya.

"Beberapa bulan lalu ada 40 kucing saya pelihara di rumah, dan bibitnya saya import dari negara Rusia," terang Amalia.

Saat ini, kata Amalia, peminat overadop hewan peliharaanna kebanyakan dari Jakarta dan Surabaya, termasuk selebgram dan dan pencinta hewan kucing Batam dan Kepri. "Banyak peminat untuk overadop, sekarang sisa 25 ekor, itu karena ada yang melahirkan lagi," terangnya.

Ia menceritakan suka duka memelihara hewan kucing, mulai dari mengurus makanannya, kotoran hewan itu, hingga memberikan vaksin dan obat saat sakit. "Kalau kena cakar itu tiap hari, apalagi kalau sedang birahi tak dapat jantannya," ucapnya.

Akan tetapi, dari suka duka itu, Amelia mendapatkan banyak manfaat, mulai dari mahar hasil overadop hingga kesenangan menyalurkan hobi. "Alhamdulillah banyak sekali peminatnya. Kalau overadop itu maharnya beda-beda, mulai dari Rp 9 juta hingga Rp 20 juta," ucap Amalia, sambil menggendong kucing kesayangannya.

Amalia Rizky menambahkan, demi kelancaran bisnis yang sejalan dengan hobi ini, ia bersama rekan-rekannya kerap mengikuti sejumlah pameran hewan kucing, termasuk mengikuti sejumlah perlombaan dan kontes kucing. "Sering juga ikut catwalk. Di sejumlah mal di Batam kami juga sering ikut pameran. Untuk info selangkapnya, bisa follow di IG kami @Sinergy cattery," pungkas Amalia Rizky.

Editor: Gokli