23 Santri TPQ Masjid Istiqomah Sei Panas Ikuti Ujian Munaqosah
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 27-02-2024 | 08:20 WIB
TPQ-ISTIQOMAH-btd.jpg
Inilah 23 orang santri TPQ Masjid Istiqomah Sei Panas Batam yang mengikuti ujian munaqosah di SMPN 10 Batam. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 23 orang santri kelas 6 dan k elas 9 TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran) Masjid Istiqomah Sungai Panas Batam, bersemangat mengikuti ujian baca Al-Quran atau munaqosah, Minggu (25/2/2024).

Ujian yang dilaksanakan di SMPN 10 Sei Panas Batam itu diikuti oleh 14 orang santri TPQ tingkat kelas 6 dan sebanyak 8 orang santri TPQ kelas 9. Ujian munaqosah ini adalah syarat bagi mereka untuk melanjutkan sekolah ke SMP dan SMA.

Ketua Badan Musyawarah Guru Taman Pendidikan Al Quran (BMGQ) Kecamatan Batam Kota, Ustadz Bulqin kepada para santri mengatakan, para santri agar tetap semangat menimba ilmu agama sebagai bekal kehidupan. Karena mendapatkan ijazah munaqosyah bukan berarti sudah tidak perlu lagi belajar membaca Al-Quran.

"Sebab, Al-Quran bukan hanya sekedar bisa membacanya saja, tapi juga harus memahami dan mengamalkan isinya," ujar Ustadz Bulqin kepada para santri sebelum mereka memulai kegiatan ujian munaqosah.

Sementara itu, Pimpinan TPQ Masjid Istiqomah Batam Ustadz Adi Supriyadi mengungkapkan, para santri TPQ Masjid Istiqomah insyaAllah lulus semua. Karena mereka telah mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti ujian munaqosah.

"Alhamdulillah semua santri TPQ Masjid Istiqomah bersemangat mengikuti seluruh rangkaian ujian munaqosah ini," ujar Ustadz Adi Supriyadi menjawab BATAMTODAY.COM, Senin (26/2/2024).

Meski demikian, Ustadz Adi Supriyadi menambahkan, para santri TPQ Masjid Istiqomah Sei Panas Batam seusai ujian munaqosah akan terus belajar membaca Al-Quran. Apalagi, tidak lama lagi akan masuk bulan suci Ramadhan 1445 hijriah, ini adalah momentum bagi para santri untuk meningkatkan ilmu agama dan kemampuan mereka membaca Al-Quran.

Editor: Dardani