Sambangi Panti Asuhan Ishlahul Ummah, Kajari Batam: Selain Berbagi, Kami Fokus Penerbitan Akta Lahir dan KIA
Oleh : Aldy
Jumat | 19-01-2024 | 13:28 WIB
Kajari-berbagi.jpg
Kajari Batam, I Ketut Kasna Dedi borsama jajaran saat mengunjungi Panti Asuhan Ishlahul Ummah Tiban, Kamis (18/1/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Batam, I Ketut Kasna Dedi beserta jajaran kunjungan silaturahmi ke Panti Asuhan Ishlahul Ummah di Tiban I, Kecamatan Sekupang, Kamis (18/1/2024) sore.

Tak hanya berbagi dengan anak-anak di sana, Kejari Batam juga menyampaikan niatan membantu penerbitan surat akta lahir dan kartu identitas anak (KIA).

"Selain berbagai berbentuk sembako, kami juga fokus menyampaikan niatan kami untuk membantu menerbitkan surat akta kelahiran dan KIA bagi anak panti asuhan," ujar I Ketut Kasna Dedi.

Dalam mewujudkan program khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kepri tersebut, Kejari Batam bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Dinas Sosial Kota Batam, serta Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA).

"Dalam program ini kita bekerja sama dengan Pemko Batam, ini bertujuan untuk memvalidasi jumlah anak yang membutuhkan penerbitan surat tersebut," ungkap Kasna Dedi.

Lebih lanjut, Kasna menjelaskan, latar belakang dilakukannya kegiatan pendampingan ini dikarenakan masih banyak anak-anak di panti asuhan yang belum memiliki akta kelahiran dan KIA sehingga banyak dari mereka kesulitan untuk mendaftar di sekolah negeri maupun swasta.

"Melalui Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejari Batam, kita mengatasi permasalah tersebut. Sehingga anak-anak di panti asuhan bisa mendapatkan hak seperti anak-anak pada umumnya," terang Kasna Dedi.

Kajari menambahkan, target dari program ini adalah seluruh anak panti asuhan di Batam bisa mendapatkan haknya. "Dalam waktu dekat, kami akan menyerahkan lebih dari 150 identitas anak secara kolektif, tepatnya pada tanggal 24 Januari 2024. Program ini akan berkelanjutan, kita akan upgrade terus datanya, kami bekerjasama dengan Disduk dan Dinsos Batam," pungkas I Ketut Kasna Dedi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh, Para Kepala Seksi dan Kasubbag Kejaksaan Negeri Batam, Kepala Dinas Sosial Kota Batam, Leo Putra, dan Pengurus Panti Asuhan Ishlahul Ummah Tiban I, serta anak pada Panti Asuhan Ishlahul.

Editor: Gokli