Rudi Tutup Pelatihan Unit Kompetensi dan Pengukuran Produktivitas Tingkat Kota Batam
Oleh : Aldy Daeng
Jumat | 01-12-2023 | 11:45 WIB
1-12_rudi-tutup-pelatihan_02309239238.jpg
Wali Kota Batam Muhammad Rudi foto bersama para peserta. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali Kota Batam Muhammad Rudi secara resmi menutup kegiatan pelatihan unit kompetensi dan pengukuran produktivitas tingkat Kota Batam yang dilaksanakan di Harmoni One Hotel Batam, Kamis (30/11/2023) sore

Dalam sambutannya, Muhammad Rudi menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemko Batam melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) ini disambut positif para peserta.

Keahlian, kata Rudi, menjadi tonggak utama suatu daerah agar dapat berjalan. Pelatihan menjadi wadah bagi para peserta untuk menggali potensi yang dimiliki masing-masing individu. Dengan pelatihan peserta mendapatkan sertifikat yang dapat menjadi bukti keahlian yang dimiliki.

"Tak perlu khawatir jika ke Batam, tidak ada kerja yang paling penting kompetensi nomor satu. Sertifikat itu menjadi bukti bahwa kalian memiliki kompetensi yang memang dikuasai," kata Rudi.

Lanjut Rudi, angka pengangguran menurun tiap tahun menjadi tujuan utama Pemko Batam. Dengan itu, Pemko Batam mendorong disnaker serta LPK agar mengambil langkah yang signifikan. Selain itu, Rudi juga mengajak peserta untuk membangun Kota Batam dengan berbagai keahlian yang dimiliki.

"Tanggung jawab Kota Batam bukan hanya di tangan saya saja, tapi di tangan kita semua," ungkapnya.

Sementara ketua panitia pelatihan, Nurul Iswahyuni, mengatakan, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Tenaga kerja (Disnaker) Kota Batam.

Dasar hukum dari pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republlk Indonesia Nomor 26 Tahun 2014 serta Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 2 Tahun 2022 tentang Retribusi Penggunaan Tenaga Kerja Asing.

Selanjutnya, adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan-pelatihan bagi calon pencari kerja, dan peningkatan kompetensi keahlian bagi yang sudah bekerja.

Jumlah peserta yang mengikutinya sebanyak lebih kuran 1.600 an orang yang terbagi dalan dua sub bagian yang dilaksanakan.

"Dengan telah dilaksanakannnya kegiatan pelatihan ini akan memberi kemudahan bagi calon pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan, yang sesuai dengan keahlian yang diinginkannya," katanya.

Di lokasi yang sama, Direktur Utama PT Bintang Marchavidi Utama (BMU), Devina Rahmawati, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Tenaga Kerja kota Batam, yang telah menyelenggarakan pelatihan bagi calon pencari kerja.

Menurutnya, kegiatan ini sangat bagus sekali karena sangat membantu para calon pencari kerja untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan tujuan pekerjaan yang diinginkan oleh calon pencaker tersebut

Selain itu, bagi masyarakat yang sudah bekerja sangat diperlukan Bimbingan Teknis untuk meningkatkan kemampuan dan juga keahlian yang dimilikinya sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

"Alhamdulillah, dalam kegiatan kali ini PT BMU mendapatkan 100 orang yang mengikuti pelatihan Operator Forklift, Pelatihan Tata Rias Pengantin dan Bimtek Operator Forklift," sebutnya.

Masih menurut Devina Rahmawati, lamanya waktu pelatihan yang diberikan berbeda-beda. Ada yang waktunya enam hari, dan ada juga yang sampai 12 hari, tergantung banyakanya materi yang diberikan.

Kemudian, untuk peserta yang mengikuti K3 Operator Forklift akan mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Sementara, untuk peserta yang mengikuti pelatihan Tata Rias Pengantin, peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikasi dari BNSP.

"Kami berharap, kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keahlian sumber daya manusia yang berkompeten di kota Batam," pungkas Devina Rehmawati.

Editor: Gokli