Beri Pemahaman K3, PT BMU Gelar Seminar Bersama Mahasiswa Politeknik Batam
Oleh : Aldy Daeng
Sabtu | 25-11-2023 | 17:32 WIB
Seminar-K3.jpg
Seminar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Politeknik Negeri Batam. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk memberikan pemahaman terkait Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) kepada calon pekerja, PT Bintang Marchavidi Utama (BMU) menggelar seminar bersama dengan mahasiswa Politeknik Negeri Batam.

PT BMU merupakan salah satu Perusahaan Swasta Nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang Konsultasi Penerapan SMK3, berkesempatan menjadi sponsor utama dalam seminar yang digagas dan diinisiasi oleh mahasiswa Polteknik Negeri Batam.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lantai 10 Kampus Politeknik Negeri Batam, Sabtu (25/11/2023). Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan itu, Principal Hook-Up & Comms. Tech PT McDermott Indomesia, Ir Surachmat. Workshop tersebut di moderatori oleh Tasya Nurhaliza Junaini.

Direktur Utama PT BMU, Devina Rahmawati, mengatakan pihaknya terus mendorong generasi muda, khususnya para mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan termasuk sertifikasi kompetensi keahlian.

Menurutnya, dewasa ini dunia kerja tidak hanya membutuhkan ijazah saja. Namun, pihak perusahaan lebih memprioritaskan jika seorang calon pelamar kerja itu memiliki sertifikasi keahlian yang dikeluarkan oleh lembaga bersertifikasi Kemenaker Republik Indonesia.

"Saat ini pihak perusahaan tidak hanya melihat ijazah yang dimilikinya saja, namun juga melihat sertifikasi apa yang sudah dimiliki oleh si calon pelamar kerja tersebut," ucap Devina Rahmawati disela-sela kegiatan.

Kemudian, PT. BMU juga siap memfasilitasi para lulusan Politeknik Negeri Batam yang akan memasuki dunia kerja supaya bisa memiliki skill ataupun ketrampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan itu sendiri.

"Nantinya, begitu para mahasiswa ini lulus dari kampusnya, mereka akan mudah mendapatkan pekerjaan. Sebab, mereka sudah memiliki sertifikasi sehingga siap pakai untuk dipekerjakan sesuai dengan perusahaan yang diinginkannya," imbuhnya.

Dilokasi yang sama, Ketua Panitia Pelaksana, Novelia Rahmawati mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT BMU yang telah bersedia hadir berbagi ilmu kepada para mahasiswa di Politeknik Negeri Batam.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT BMU dan juga narasumber, yang telah bersedia menjadi sponsor utama dan sebagai pemateri dalam acara kali ini," ucap Novelia.

Lanjut Novelia, pelatihan ini sangat penting karena ketika nanti para mahasiswa ini lulus dari bangku kuliah dan akan menuju ke dunia kerja, maka tidak hanya dibutuhkan latar belakang pendidikan saja.

Namun, disetiap jenjang pekerjaan yang akan dilalui nantinya oleh lulusan tersebut, tentunya mereka akan sangat membutuhkan sertifikasi keahlian atau safety khususnya keahlian Keselamatan Kesehatan Kerja atau K3.

"Makanya kami mengundang PT BMU agar mahasiswa bisa mengetahui apa saja safety yang dibutuhkan di tempat bekerja nantinya," sebut mahasiswai Teknik Elektro Prodi Rekayasa Pembangkit Energi Semester III Politeknik Negeri Batam ini.

Novelia mengakui, ada sekitar 61 mahasiswa dari semua jurusan, mulai dari semester I hingga semester V sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Dia berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan ini akan membuka pola pikir para mahasiswa, dan mempersiapkannya apa saja nanti yang dibutuhkan ketika mereka terjun ke dunia kerja.

Sementara, Narasumber dalam kegiatan itu, Ir Surachmat dalam pemaparannya, mengangkat tema mengenai Ikigai. Dikatakannya, secara arti Ikigai adalah konsep yang menjelaskan makna kehidupan dan kebahagian.

Kemudian, pengertian dari Ikigai itu sendiri bisa dipahami sebagai suatu prinsip yang membuat hidup menjadi lebih seimbang, bermanfaat dan bermakna.

"Dalam mengejar Ikigai, kita belajar bahwa kepuasan batin datang dari keseimbangan antara memberi dan menerima," ungkap Surachmat.

Masih menurutnya, konsep Ikigai artinya menemukan sesuatu yang membangkitkan semangat hidup. Sederhananya, misalnya minum teh sebelum bekerja, melihat matahari terbit atau memasak untuk keluarga.

"Jika semua kegiatan itu bisa membuatmu bersemangat, maka lakukanlah," imbuhnya.

Selanjutnya, Ikigai merupakan irisan dari empat elemen yang terdiri dari, Passion, Vocation, Mission dan Profession.

Editor: Yudha