IKBL Kepri Minta Semua Anggotanya Berkontribusi dalam Pembangunan Daerah
Oleh : Aldy
Sabtu | 25-11-2023 | 14:32 WIB
IKBL-Kepri.jpg
Pengurus IKBL Kepri dan Kota Batam saat silaturahmi dan Bimtek Ormas di Hotel ZIA Butique, Batam, Sabtu (25/11/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ikatan Keluarga Besar Lampung (IKBL) meminta kepada semua anggotanya untuk bisa berkontribusi dalam pembangunan daerah, khusunya Kota Batam.

Hal itu diungkapkan Ketua IKBL Provinsi Kepri, Erwin Sentosa, di sela bimbingan teknis (Bimtek) dengan topik 'Peningkatan Kapasitas Jajaran Ormas' di Hotel ZIA Butique, Batam, Sabtu (25/11/2023).

"Pada acara ini, kami tekankan kepada semua anggota, agar jangan jadi penonton, ikutlah berkontribusi dalam pembangunan Batam," ucap Erwin.

Selain kontribusi positif dalam pembangunan, kata Erwin, anggota IKBL juga tidak gampang menyebarkan berita yang belum pasti kebenarannya. Untuk itu, dalam acara Bimtek yang disejalankan dengan acara silaturahmi sesama anggota ini juga dibahas terkait penguatan organisasi dari semua lini.

"Pascapandemi Covid-19, ini baru pertama kali kami berkumpul, hadir di sini dari 9 kecamatan yang ada di Batam. Dan 8 sayap organisasi," sebut Erwin.

Berdiri sejak Juni 2018 lalu, saat ini IKBL Kepri sesudah memiliki 6.500 anggota dan semuanya berada di Kota Batam. Ke depan, pihaknya akan melakukan pengukuhan di beberapa kabupaten/kota di Kepri.

"Dalam waktu dekat ini, Tanjungpinang akan kita kukuhkan," ujarnya.

Erwin juga meminta kepada semua warga Lampung yang berada di Batam dan Kepri pada umumnya, untuk segera memvalidasi keanggotaan, hal ini bertujuan untuk menginventarisir semua anggota. Sebab, tidak sedikit yang pulang kampung dan bahkan lebih banyak yang datang dari Lampung untuk mencari nafkah di Batam.

"Kami harap warga Lampung, mari bersatu. Segara merapat, baik yang sudah memiliki KTA maupun yang belum. Ini untuk kebersamaan kita di rantau," imbuhnya.

Di lokasi yang sama, Wakil Ketua IKBL Kepri, Novizul, mengatakan organisasi ini adalah sebuah wadah, bagaimana bisa bersama-sama membina semua warga Lampung yang ada di Batam. "Kita sama-sama merantau di sini, mari kita eratkan silaturahmi, saling membantu. Kita banyak kegiatan sosial di sini," kata Novizul.

Sementara pengurus inti IKBL lainya, Darwin menambahkan, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah. Ia berharap, keberadaan masyarakat Lampung tidak menjadi beban bagi Pemerintah Kota Batam, melainkan salah satu pilar penyokong pembangunan.

"Warga Lampung cukup banyak, artinya dari sisi pembangunan harus ambil bagian, seperti yang dibilang Ketum tadi, kita jangan jadi penonton," pungkas Darwin.

Editor: Gokli