Diguyur Hujan Deras, Plafon Ruang Tunggu Bandara Hang Nadim Jebol
Oleh : Aldy Daeng
Kamis | 23-11-2023 | 15:52 WIB
23-11_ruang-tunggu-banjir-1_0210921998.jpg
Dalam vidio itu, juga terlihat karyawan cleaning service bergerak cepat membersihkan air yang tergenang menggunakan mesil pel lantai. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hajan deras yang mengguyur kawasan Bandara Hang Nadim selama hampir satu jam, mengakibatkan plafon ruang tunggu bandara internasional itu jebol. Tak terhindarkan, curahan air pun masuk ke ruang tunggu A7 dan A8.

Kejadian tersebut pun langsung diabadikan sejumlah warga yang sedang berada di bandara. Momen yang diabadikan dengan rekaman video itupun beradar di beberapa paltform media sosial.

Dari video yang beredar tersebut terlihat air masuk dari plafon yang jebol di koridor ruang tunggu A7 dan A8, di mana ruangan tersebut menghadap langsung ke parkiran pesawat. "Air menggenangi lantai ruang tungga bandara dan membasahi beberapa perangkat komputer," ucap warga yang merekam kejadian tersebut.

Dalam vidio itu, juga terlihat sejumlah karyawan cleaning service bergerak cepat membersihkan air yang tergenang, ada yang menggunakan mesil pel lantai, sapu dan serokan sampah berbahan plastik.

Menanggapi kejadian tersebut, Direktur Utama Bandara Internasional Hang Nadim Batam (BIB), Pikri Ilham Kurniansyah, mengatakan air yang masuk bukan melalui atap yang jebol, melainkan pipa yang tak mampu menampung debit air hujan, mengingat usianya sudah tua yakni 30 tahun.

"Bukan atapnya yang jebol, tapi dari sambungan pipa air yang tidak mampu menampung debit air dari atap. Hujannya memang sebentar tapi debit air yang turun tinggi sekali. Atapnya juga memang sudah tua, sudah 30 tahun usianya," ungkap Pikri, Kamis (23/11/2023).

Terlihat air masuk dari plafon yang jebol di koridor ruang tunggu A7 dan A8. (Aldy/BTD)

Pikri juga memastikan air yang masuk tidak mengganggu penumpang, karena ruang tunggu tersebut tidak digunakan dan sedang direnovasi. Apalagi, pihaknya juga sudah memasang garis pembatas berwarna merah agar penumpang tidak mengakses ruang tunggu tersebut.

"Iya karena hujan biasa kalau atapnya bocor. Karena memang sebagian kita sedang tutup kan. Lima puluh persen kita pakai, lima puluh persen kita renovasi. Domestik kita buka sebagian, di depan ada yang kita tutup, dan segala macam," terang Pikri.

Sementara Vice President Corporate Secretary BIB, Aidhil P. Julian, menyampaikan, saat ini manajemen BIB sudah melakukan penanganan cepat demi kenyamanan penumpang dan pengguna jasa bandara.

Sehubungan dengan adanya intesitas hujan yang sangat tinggi di Batam, kata Aidhil, hari ini berdampak pada beberapa fasilitas dan area di Bandara Internasional Hang Nadim. "Fasilitas dan area terdampak merupakan area yang sedang dalam proses kontruksi renofasi terminal 1," kata Aidhil.

Aidhil menambahkan, pihaknya pun melakukan penanganan cepat dengan mengosongkan sementara ruang tunggu A7 untuk kelancaran operasional bandara. Kemudian petugas khusus dikerahkan untuk menangani beberapa fasilitas yang terdampak.

"Saat ini manajemen BIB telah fokus terhadap penanganan fasilitas terdampak, dan memulihkan area dan fasilitas terdampak demi kenyamanan penumpang," pungkas Aidhil.

Editor: Gokli