Selama Perbaikan, Jalan Depan Taman Sari Arah Sei Harapan Ditutup Sementara
Oleh : Redaksi
Kamis | 23-11-2023 | 15:12 WIB
23-11_jalan-amblas-tiban_0239498348.jpg
Jalan di depan Perumahan Taman Sari, Tiban Baru, Kecamatan Sekupang, mengalami amblas akibat hujan desar pada Kamis (23/11/2023) dini tadi. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM-SDA) Kota Batam bergerak cepar melakukan perbaikan jalan amblas di depan Perumahan Taman Sari, Tiban Baru, Kecamatan Sekupang, Kamis (23/11/2023) dini tadi.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM-SDA) Kota Batam, Suhar, mengatakan, pihaknya langsung turun ke lokasi begitu mendapat informasi jalan tersebut mengalami amblas.

Saat ini, kata Suhar, penanganan telah dilakukan oleh tim di lapangan, sehingga jalan ditutup untuk sementara. "Iya kita tutup sementara selama masa pengerjaan," ucap Suhar.

Perbaikan dilakukan dengan penggantian bangunan pelintas air berupa corrugated dengan box culvert, melalui sistem kerja box culvert precast yang sudah tersedia dan dipasangkan di lokasi.

Pihaknya juga menurunkan alat berat untuk memudahkan pengerjaan untuk memasukan box culvert sebagai pelintas yang baru.

"Perkiraan besok sudah langsung dimulai rangkaian pekerjaaan. Dan penanganan kita lakukan secara bersama antara BP Batam dan Pemko Batam. Iya pakai alat berat, kan jalannya memang mesti dipotong untuk masukkan box culvert bangunan pelintas yang baru," jelasnya.

Pantauan di lapangan, tim sudah melakukan pemotongan pohon di sekitar jalan amblas. Diperkirakan, jika cuaca mendukung, target pengerjaan selesai dalam dua pekan ke depan.

"Kita target 2 pekan kelar kalau cuaca bagus. Kalau cuaca tak mendukung bisa lebih. Tapi kita berharap cuaca mendukung," ucapnya.

Di sisi lain, untuk pengalihan lalu lintas selama jalan ditutup juga sudah diatur. Untuk jalur ke Nagoya dijadikan dua jalur, sehingga dipakai untuk ke arah Sekupang. Selain itu, ada beberapa jalur alternatif yang bisa dilewati untuk arah ke Tiban 3 dalam, bisa melalui Tiban Centre.

"Jadi, jalan dari Sekupang ke Nagoya kita bagi dua jalur Nagoya dan ke Sekupang. Bisa juga dari Tiban 3 dari dalam. Kami mohon maaf atas ketidaknyamannya ini. Kita berharap jalan utama cepat selesai sesuai target," jelas Suhar.

Suhar mengakui ada beberapa jalan mengalami kerusakan saat hujan turun, karena terendam air.
"Kalau jalan rusak pasti adalah karena kerusakan jalan biasa karena terendam air. Tapi tak banyak," tutup Suhar.

Editor: Gokli